Ini Cara Menteri Eko Majukan Desa Tertinggal

Minggu, 14 Mei 2017 - 06:01 WIB
Ini Cara Menteri Eko Majukan Desa Tertinggal
Ini Cara Menteri Eko Majukan Desa Tertinggal
A A A
INDONESIA memiliki 74.910 desa dengan sumber daya yang berlimpah. Ironisnya, masih banyak masyarakat pedesaan yang hidup serba kekurangan. Inilah yang menjadi tantangan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo.

Sejak dipercaya Presiden RI Joko Widodo untuk mengurusi pembangunan desa tertinggal, Eko merasa tertantang. "Saya percaya untuk melakukan sesuatu harus punya bisnis modelnya. Pada saat UU No. 6 Tahun 2014 diluncurkan, banyak orang skeptis tentang apakah Kemendes mampu mengelola. Di kabupaten saja banyak yang bermasalah, apalagi desa yang kepala desanya hanya tamatan SMP," ungkapnya.

Namun pekerjaan ini tidak mudah. Ada sekitar 74. 910 desa di Indonesia. "Apa mungkin pusat mampu merencanakan pembangunan di desa satu per satu? Pada 2015, dengan dorongan Pak Jokowi, kita beranikan diri untuk mengerjakan tugas ini. Di negara besar ini, hampir separuh dari total jumlah desa masih tertinggal karena desa tidak diberi kesempatan membangun desanya sendiri. Pusat tidak mungkin bisa juga. Akhirnya, pada 2015 dikeluarkan dana desa yang jumlahnya Rp20,8 triliun."

Dua pernyataan tersebut merupakan petikan wawancara Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo dengan SINDO Weekly. Mau tahu lebih lengkapnya, simak di Majalah SINDO Weekly Edisi 11/VI/2017, yang terbit Senin (15/5/2017).
Ini Cara Menteri Eko Majukan Desa Tertinggal
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8274 seconds (0.1#10.140)