Uang Pensiunan PNS Naik 12 Persen di 2024, Sri Mulyani Buka Alasannya

Selasa, 19 September 2023 - 15:58 WIB
loading...
Uang Pensiunan PNS Naik 12 Persen di 2024, Sri Mulyani Buka Alasannya
Uang pensiunan akan naik di 2024. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkap salah satu penggunaan belanja non kementerian/lembaga (K/L) sebesar Rp1.176,7 triliun untuk RAPBN 2024. Dia mengatakan bahwa anggaran ini akan dialokasikan terutama untuk pembayaran pensiun yang mengalami kenaikan 12%.



Keputusan kenaikan uang pensiun hingga 12% mengikuti perubahan dari biaya hidup selama 3 tahun ini.

"Sejak Covid-19 kita belum pernah melakukan perubahan terhadap manfaat pensiun. Juga di dalam belanja non K/L ini, pemberian subsidi dan kompensasi, terutama dikaitkan dengan daya beli masyarakat dan hari ini kita mendengar dari panja ada kenaikan untuk anggaran subsidi kompensasi karena adanya perubahan harga minyak di dalam asumsi," ungkap Sri dalam Rapat Kerja dengan Banggar DPR RI di Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Contohnya seperti harga minyak yang hari ini untuk Brent telah mencapai USD95 per barel, naik 11% dalam 3 minggu.

"Ini menggarisbawahi bahwa kita menyusun RUU APBN 2024 di dalam situasi ekonomi dan bahkan asumsi-asumsi dasar yang disepakati sekalipun akan terus mengalami perubahan atau dinamika yang tidak selalu mudah bisa kita proyeksikan," sambung Sri.

Dia menegaskan perlu bagi semua pihak terlibat untuk terus melihat perkembangan dari harga minyak ini yang akan memengaruhi besaran belanja non K/L dari sisi subsidi dan kompensasi. Dalam subsidi, juga termasuk subsidi untuk petani terutama pupuk, subsidi UMKM melalui Kredit usaha rakyat (KUR) yang cukup signifikan bagi dunia usaha.



"Transfer ke daerah (TKD) sebesar Rp857,6 triliun telah menampung berbagai catatan dari panja dan juga dari berbagai fraksi, termasuk penggajian P3K daerah, kenaikan gaji pokok ASN daerah, dan peningkatan pelayanan publik di daerah, serta mendukung program nasional untuk mengurangi dan menghilangkan kemiskinan ekstrem juga stunting," tandas Sri.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)