Kisah Padamnya Api Majusi ketika Nabi Muhammad Lahir

Selasa, 19 September 2023 - 16:26 WIB
loading...
Kisah Padamnya Api Majusi ketika Nabi Muhammad Lahir
Yanar Dag, api badi yang tersisa di Azerbaijan (CNN.com).
A A A
Api yang disembah kaum Majusi selama ratusan tahun menyala mendadak padam tatkala Nabi Muhammad SAW saat lahir. Peristiwa ini terjadi diperkirakan pada 12 Rabiul Awwal bertepatan dengan 20 April 571 M. Api Majusi atau Zoroastrianism itu berada di Persia .

Sebelum kelahiran Rasulullah SAW , masyarakat Majusi menyembah api dan menganggap api itu sebagai Tuhan. Konon, api itu tidak pernah padam selama beratus-ratus tahun. Namun, saat Nabi Muhammad lahir, api itu seketika padam.

Tentu saja, para pengikut agama Majusi berusaha menyalakan kembali apinya, tetapi tetap tidak bisa menyala. Mereka menduga bahwa padamnya api yang selama ini mereka sembah, pasti menunjukkan terjadinya peristiwa besar di dunia.



Fuad Abdurahman dalam bukunya berjudul "Jalan Damai Rasulullah: Risalah Rahmat bagi Semua" menyebut banyak peristiwa-peristiwa besar mengiringi kelahiran Rasulullah SAW.

Selain kehancuran pasukan Abrahah, peristiwa yang mengiringi lahirnya Nabi Muhammad SAW adalah robohnya tiang-tiang Istana Kaisar. Imam Baihaqi juga meriwayatkan tentang robohnya tiang-tiang istana Kaisar, juga beberapa gereja dan biara yang runtuh.

Al-Tabari dalam Tarikh al-Rusul wa al-Muluk juga meriwayatkan peristiwa itu terjadi pada saat lahirnya Nabi Muhammad.

Raja Persia, Kistra, dalam tidurnya bermimpi istana raja Persia diguncang dan 14 puncaknya roboh. Api (suci) Fars, yang sebelumnya tidak pernah padam selama seribu tahun, padam.

Tak hanya itu, sumber-sumber api abadi lainnya juga turut padam secara mendadak. Seiring berjalannya waktu akibat padamnya api abadi yang disembah umat Majusi, penganut Zoroastrianism berkurang secara signifikan dan hanya menyisakan beberapa kelompok penganutnya. Sebagian besar dari mereka mengalami krisis iman dan lebih memilih memeluk agama baru yakni Islam.

Setelah Islam mulai berkembang di Jazirah Arab, penganut Zoroastrianism yang masih terisisa disebut sebagai umat Majusi. Hal ini merujuk pada golongan pemuja api di Persia Kuno yang mencakup wilayah Iran dan Azerbaijan di masa lalu.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)