Terbitkan Obligasi, Semen Indonesia Ambil Peran Bangun Infrastruktur

Senin, 15 Mei 2017 - 15:20 WIB
Terbitkan Obligasi, Semen Indonesia Ambil Peran Bangun Infrastruktur
Terbitkan Obligasi, Semen Indonesia Ambil Peran Bangun Infrastruktur
A A A
JAKARTA - PT Semen lndonesia Tbk (SMGR) akan melakukan penerbitan obligasi secara bertahap dimana penawaran tahap l tahun 2017 dilakukan dengan jumlah pokok obligasi sebanyak-banyaknya sebesar Rp3 triliun dengan jangka waktu obligasi adalah 5 tahun. Dari aksi korporasi itu, perusahaan ingin ambil peran dalam pembangunan proyek infrastruktur.

(Baca Juga: SMGR Terbitkan Obligasi Rp8 T untuk Modal Kerja dan Refinancing
Direktur Semen Indonesia Darmawan Junaidi mengatakan, akan memberikan sentimen positif ke pasar saham. Investor melihat manajemen dalam kondisi yang baik. "Obligasi Semen Indonesia dalam cerminan investor kondisi manajemen baik yakin ke depan berperan dalam infrastruktur dan sinergi BUMN," ujarnya di Jakarta, Senin (15/5/2017).

Dengan menerbitkan obligasi, lebih lanjut dia menerangkan, bisa memangkas cost of fund. Sehingga, biaya bunga bisa ditekan lebih rendah. "Dalam bisnis plan kita 2017 perbaikan sisi funding cost. Ada penurunan 1% dari biaya bunga yang selama ini kita bayarkan," katanya.

Saat ini, perusahaan disebutkannya sudah tidak lagi bertumpu ke pinjaman perbankan. Pendanaan dari pasar surat utang dinilai lebih baik bagi perkembangan perusahaan. "Tak lagi terpusat pendanaan ke bank, tapi ini market yang baik untuk mendukung pengembangan perusahaan kedepan," pungkasnya.

Dari penerbitan ini, sebanyak-banyaknya Rp1,37 triliun akan digunakan untuk refinancing utang kredit sindikasi anak perusahaan yaitu PT Semen Tonasa. Sisanya akan digunakan untuk modal kerja perseroan. Obligasi yang akan ditawarkan tersebut telah memperoleh hasil pemeringkatan AA+ (double A Plus) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5888 seconds (0.1#10.140)