alexa snippet

Harga Minyak Dunia Turun Terbebani Banjir Pasokan

Harga Minyak Dunia Turun Terbebani Banjir Pasokan
Harga minyak mentah dunia pada perdagangan hari ini masih tergelincir, lantaran terbebani kelebihan pasokan global. Foto/Ilustrasi
A+ A-
SINGAPURA - Harga minyak mentah dunia pada perdagangan hari ini masih tergelincir, lantaran terbebani kelebihan pasokan global. Meski begitu upaya berkesinambungan pemotongan produksi yang dipimpin oleh Organisasi Negara Pengeskspor Minyak Dunia (OPEC) terus dilakukan untuk mengencangkan pasar dan menopang harga.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (18/5/2017) harga minyak mentah berjangka Brent tercatat mengalami penurunan sebesar 21 sen atau 0,4% dan berakhir do posisi USD52 per barel pada pukul 01.48 GMT. Sedangkan harga minyak berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) berada pada level USD48.88 per barel atau turun 19 sen setara 1,4%.

Pergerakan harga minyak sempat mengalami koreksi dalam sesi sebelumnya yang sempat menanjak naik, seiring penyusutan persediaan minyak mentah AS dan produksi minyak. Administrasi informasi energi AS mengatakan kemarin bahwa stok minyak mentah jatuh 1,8 juta beral selama sepakan untuk 12 Mei menjadi 520.8 juta barel.

Namun pasokan tersebut masih lebih kecil dari yang diharapkan pelaku pasar, sehingga efeknya tak terlalu besar. "Penurunan stok dengan harapan 2,36 juta akan menjadi menarik," ucap Strategi Pasar Utama AxiTrader Greg McKenna.

Secara keseluruhan kebutuhan minyak tetap besar, ketika Amerika Serikat dan produsen lainnya terus mengirimkan pasokan ke konsumen terbesar di Asia Utara. Hal ini memberikan tekanan terhadap upaya OPEC yang mengurangi stok untuk mengencangkan pasar minyak dunia.

Seperti diketahui OPEC dan beberapa produsen minyak utama termasuk Rusia telah berjanji untuk memotong produksi hampir mencapai 1,8 juta barel per hari (bpd) sepanjang kuartal pertama tahun 2017. Kesepakatan terbaru kemungkinan kebijakan tersebut akan diperpanjang sampai akhir Maret 2018.



(akr)
loading gif
Top