Keutamaan Mendoakan Orang Tua Setelah Sholat Fardhu, Berikut Doanya!

Rabu, 20 September 2023 - 21:23 WIB
loading...
Keutamaan Mendoakan Orang Tua Setelah Sholat Fardhu, Berikut Doanya!
Mendoakan kedua orang tua merupakan tanda bakti seorang anak kepada ayah dan ibunya. Foto/ist
A A A
Mendoakan kedua orang tua setelah sholat fardhu sangat dianjurkan karena memiliki fadhilah (keutamaan). Selain tanda bakti anak kepada orang tuanya, doa setelah sholat fardhu termasuk doa mustajab (mudah dikabulkan Allah).

Disebutkan dalam satu riwayat Hadis:

عَنْ أَبِى أُمَامَةَ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ قَالَ « جَوْفُ اللَّيْلِ الآخِرُ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ ».

Sahabat bertanya: "Kapankah doa yang paling dikabulkan?" Nabi menjawab: "Di tengah malam akhir dan selesai sholat wajib." (HR al-Tirmidzi, Hadis hasan)

Keutamaan Mendoakan Orang Tua
Keutamaan mendoakan kedua orang tua ini diterangkan dalam Hadis:

قيل له: يا رسول الله، هل بقي من برِّ أبويَّ شيءٌ أبرّهما به بعد وفاتهما؟ قال ﷺ: نعم، الصلاة عليهما، والاستغفار لهما

Seorang Sahabat bertanya: "Wahai Rasulullah, masih adakah bakti saya untuk orang tua saya yang sudah wafat?" Nabi ﷺ menjawab: "Ya, doakan mereka dan mintakan ampunan untuk mereka." (HR Abu Dawud dan Al-Hakim)

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ، ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: " ﺇﻥ اﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﻟﻴﺮﻓﻊ اﻟﺪﺭﺟﺔ ﻟﻠﻌﺒﺪ اﻟﺼﺎﻟﺢ ﻓﻲ اﻟﺠﻨﺔ، ﻓﻴﻘﻮﻝ: ﻳﺎ ﺭﺏ، ﺃﻧﻰ ﻟﻲ ﻫﺬﻩ؟ ﻓﻴﻘﻮﻝ: ﺑﺎﺳﺘﻐﻔﺎﺭ ﻭﻟﺪﻙ ﻟﻚ "

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: "Sungguh Allah mengangkat derajat seorang hamba yang saleh di surga. Ia berkata: "Wahai Tuhanku, dari mana pahala ini?" Allah menjawab: "Karena doa ampunan dari anakmu untukmu" (HR Ahmad). Syaikh Albani memasukkan Hadis ini dalam Silsilah Sahihnya.

Berikut Doa Memohon Ampunan untuk Kedua Orang Tua

1. Doa Nabi Ibrahim

رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ

Robbanaghfirlii waliwalidayya walilmu'miniina yauma yaquumul hisaab.

Artinya: "Ya Rabb kami, berilah ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)." (QS Ibrahim Ayat 41)

2. Doa Nabi Sulaiman

رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ

Rabbi awzi'nii an asykura ni'mata kallatiii an'amta 'alayya wa 'alaa waalidayya wa an a'mala shaalihan tardhaahu wa adkhilnii birahmatika fii 'ibaadikash shaalihiin.

Artinya: "Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih." (QS An-Naml Ayat 19)

3. Doa Nabi Nuh

رَبِّ اغۡفِرۡلِىۡ وَلِـوَالِدَىَّ وَلِمَنۡ دَخَلَ بَيۡتِىَ مُؤۡمِنًا وَّلِلۡمُؤۡمِنِيۡنَ وَالۡمُؤۡمِنٰتِؕ

Rabbighfir lii wa liwaa lidayya wa liman dakhala baitiya mu'minanw wa lil mu'miniina wal mu'minaat.

Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan." (QS. Nuh Ayat 28)

4. Doa yang Masyhur

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Allaahummaghfirlii wali waalidayya warham Huma kamaa Rabbayaa nii shaghiiraa.

Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)