alexa snippet

Jelang Ramadhan, Pemkab Humbahas Monitor Harga

Jelang Ramadhan, Pemkab Humbahas Monitor Harga
Memonitor harga salah satu cara untuk memastikan stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
DOLOK SANGGUL - Jelang bulan Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, memonitor pasar untuk memastikan stabilitas harga dan ketersediaan kebutuhan pokok. Monitor pasar akan digelar di sejumlah pasar tradisional oleh instansi terkait.

Keprotokolan Pemkab Humbahas, Jonny Gultom mengatakan bahwa monitor pasar dilakukan untuk mengantisipasi naiknya harga kebutuhan pokok. Monitor tersebut akan dilakukan selama bulan Ramadhan di sejumlah pasar tradisional yang umumnya dipadati pembeli pada saat hari-hari besar keagamaan.

"Monitor ini sudah di bahas dalam rapat bersama antara pihak Pemkab dan dinas-dinas terkait. Selain melakukan monitoring pasar juga akan dilakukan pengendalian terhadap barang-barang bersubsidi seperti bahan bakar," terangnya kepada Koran SINDO Medan di Doloksanggul, Jumat (19/5/2017).

Gultom menjelaskan jika dalam monitoring di temukan kendala makan akan dilakukan operasi pasar. Tujuannya untuk menekan peluang spekulasi yang mungkin terjadi akibat tingginya permintaan. "Mulai pekan ini sudah kami lakukan di pasar-pasar besar seperti Doloksanggul, Lintong Ni Huta dan beberapa kecamatan lainnya," jelasnya.

Salah seorang pedagang di Humbahas, Charly Silaban mengatakan yang paling penting untuk dimonitor adalah peredaran barang-barang produksi luar daerah seperti gula dan tepung.

Karena biasanya gula dan tepung akan mengalami kenaikan harga yang sangat signifikan apabila terjadi permintaan tambahan. "Kalau untuk beras tidak begitu ada masalah. Karena daerah juga menghasilkan beras lokal," katanya.



(ven)
loading gif
Top