Pelindo IV Maksimalkan Layanan Penumpang Saat Ramadhan

Rabu, 24 Mei 2017 - 04:09 WIB
Pelindo IV Maksimalkan Layanan Penumpang Saat Ramadhan
Pelindo IV Maksimalkan Layanan Penumpang Saat Ramadhan
A A A
MAKASSAR - PT Pelindo IV memastikan memasuki bulan Ramadhan hingga H-5 Idul Fitri 2017, pelayanan bagi penumpang akan dimaksimalkan.

Menurut General Manager Pelindo IV Cabang Makassar, Aris Tunru, dari segi infrastruktur sudah disiapkan terminal penumpang standar internasional, yang telah dilengkapi antara lain dengan garbarata atau jembatan berdinding dan beratap yang menghubungkan ruang tunggu terminal penumpang dengan pintu masuk ke kapal.

Pihaknya juga telah memfungsikan travelator, connecting bridge, serta fasilitas lain untuk kenyamanan penumpang yang siap menampung hingga 4.000 orang.

“Kami siap melayani penumpang baik saat ramadan maupun jelang Idul Fitri untuk arus balik, saat ini segala infrastruktur sudah memadai,” katanya, Selasa (23/5/2017).

Dia menjelaskan, pihaknya juga telah melakukan penataan arus penumpang embarkasi (keberangkatan) dan debarkasi (kedatangan). Termasuk melakukan penataan pedagang kaki lima (PKL) di area Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan dengan pemasangan CCTV di 20 titik di Terminal 1 dan 16 titik di Terminal 2, sehingga kenyamanan dan keamanan penumpang lebih terjamin.

Demikian pula, dari sisi keamanan telah bekerja sama dengan aparat keamanan, baik dari security internal Pelindo IV, Polres Pelabuhan, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) dan Lantamal. Rencananya, juga akan memasang alat x-ray.

“Kami juga membentuk tim terpadu dari seluruh stakeholder yang ada di Pelabuhan Makassar, efektif mulai H-15 hingga H+15 Hari Raya Idul Fitri,” paparnya.

Sedangkan, untuk program sosial, PT Pelindo IV menghadirkan program mudik gratis bagi kurang lebih 1.000 orang penumpang kapal, bekerja sama dengan Perum Damri.

“Untuk program mudik gratis, yaitu tujuan Makassar-Parepare dan Makassar-Bulukumba, diestimasi target penumpang kapal untuk mudik gratis nanti sebanyak 1.000 orang,” pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6869 seconds (0.1#10.140)