BPS Pastikan Inflasi Mei Lebih Tinggi dari April

Jum'at, 26 Mei 2017 - 15:10 WIB
BPS Pastikan Inflasi Mei Lebih Tinggi dari April
BPS Pastikan Inflasi Mei Lebih Tinggi dari April
A A A
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) pastikan bahwa inflasi Mei 2017 akan lebih tinggi dari April. Meski demikian, kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pada pekan keempat bulan ini, harga komoditas yang tadinya mengalami kenaikan, akan turun.

"Saya enggak bisa prediksi, namun pasti lebih tinggi dari kemarin (bulan April)," kata dia di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan, Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Untuk komoditas yang berdampak pada inflasi, memang sempat meningkat di awal-awal mei, namun ada beberapa komoditas yang turun dan terkontrol seperti bawang putih, daging, gula pasir dan minyak goreng.

"Itu semua, mengalami penurunan. Gula pasir terkendali bagus, kita berharap sih bulan ini oke. Minyak goreng yang curah oke," ujar dia.

Lebih lanjut, untuk bawang putih, pihaknya mengharapkan akan turun terus hingga akhir bulan, sehingga inflasi Mei-Juni tidak terlalu tinggi dan masih dapat terkendali.

"Yang jelas bawang putih sempat naik kan namun minggu ketiga, keempat mulai turun. Kita harap sampai akhir bulan menurun. Sehingga 2 Juni kita rilis angkanya oke," lanjutnya.

"Namun sekarang, ini situasi juga berbeda. Ini 27 dan akan menumpuk pada Juni karena cuma tiga hari (hari puasa di Mei). Kalau tahun lalu kan tanggal 6 ke tanggal 6, lebih tersebar. Jadi beban (inflasi) kelihatan pada Juni," ujar Suhariyanto.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5514 seconds (0.1#10.140)