Perluas Pasar UMKM, Kementerian BUMN Gelar Bazar Rutin Tiap Bulan

Sabtu, 23 September 2023 - 11:01 WIB
loading...
Perluas Pasar UMKM, Kementerian BUMN Gelar Bazar Rutin Tiap Bulan
Suasana Bazar UMKM untuk Indonesia yang digelar di Sarinah, Jakarta, mulai tanggal 21-24 Jakarta. Foto/Dok. PLN
A A A
JAKARTA - Kementerian BUMN berupaya mendorong perluasan pasar dan peningkatan daya saing usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui kegiatan bazar yang digelar rutin setiap bulan. Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengatakan, Bazar UMKM tak hanya menarik pembeli perorangan, tapi juga business to business (B2B).

"Kita sudah secara konsisten menggelar setiap bulan. Bazar UMKM untuk Indonesia Edisi September ini didukung PLN dan Peruri dan akan diselenggarakan sampai dengan tanggal 24 September, dari tanggal 21 September 2023," ujar Loto, Sabtu (23/9/2023).



Loto mengatakan, UMKM memerlukan pendampingan dan pelatihan yang dapat diberikan oleh BUMN melalui Rumah BUMN. Tak hanya itu, BUMN juga didorong untuk memberikan dukungan pembiayaan bagi UMKM agar tak kesulitan untuk akses pembiayaan.

"Kami melihat bahwa dukungan pembiayaan banyak, baik program maupun pembiayaan yang dari dana TJSL maupun pembiayaan yang berasal dari komersial dan juga pembiayaan untuk pinjaman kelompok seperti kelompok Mekaar," tuturnya.



Dari sisi pemasaran, lanjut dia, UMKM pun difasilitasi oleh BUMN melalui Pasar Digital (PaDi) UMKM. Selain melalui platform PaDi UMKM, BUMN juga membantu pemasaran melalui jalur offline baik melalui pelaksanaan bazar atau gelaran lainnya. "Memang tujuan utamanya memasarkan produk produk UMKM baik di Jakarta maupun luar kota," katanya.

Mengenai peserta bazar, Loto mengatakan bahwa UMKM yang menjadi peserta dipilih yang menawarkan ragam produk inovatif dengan sentuhan khas daerah yang mengusung kearifan lokal wilayah masing-masing. Hal menurutnya menunjukkan kekayaan dan keberagaman budaya Indonesia yang tertuang dalam produk kreatif yang dihasilkan para UMKM. "Tentunya dengan kualitas yang mampu bersaing," tutupnya.

(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)