10 Negara dengan Ahli Matematika Terbanyak di Dunia, Amerika Serikat Memimpin

Sabtu, 23 September 2023 - 10:44 WIB
loading...
10 Negara dengan Ahli Matematika Terbanyak di Dunia, Amerika Serikat Memimpin
Menurut riset Best Mathematic Scientist dan research.com via Statista, Amerika Serikat tercatat sebagai negara paling matematis di dunia.
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 negara paling matematis di dunia. Matematika merupakan ilmu sains yang mempelajari mengenai bilangan, rumus, dan besaran serta perubahannya. Ilmu Matematika mencari pola, melahirkan spekulasi baru, dan menetapkan fakta-fakta baru yang kemudian dapat digunakan pada cabang ilmu lainnya, seperti Fisika, Kimia, dan lain-lain.

Best Mathematic Scientist dan research.com via Statista berhasil menghimpun data terkait 1.000 ahli matematika terpintar pada tahun 2022 lalu. Berdasarkan laporan tersebut, Amerika Serikat berhasil dinobatkan menjadi negara paling matematis di dunia.

Sebanyak 458 dari 1.000 ahli matematika terbaik dunia berasal dari negara tersebut, yang nyaris setara dengan 50%. 7 dari 10 ahli matematika terbaik di dunia berasal dari Amerika Serikat, 3 sisanya berasal dari Britania Rata, Turki, dan Israel. Untuk lebih jelasnya artikel kali ini akan merinci secara tuntas 10 negara mana saja yang memiliki ahli matematika terbanyak di dunia.

10 Negara dengan Ahli Matematika Terbanyak di Dunia

1. Amerika Serikat (458 orang)

2. Inggris Raya (63 orang )

3. Jerman (60 orang)

4. Prancis (53 orang)

5. China (47 orang)

6. Kanada (38 orang)

7. Italia (31 orang)

8. Australia (28 orang)

9. Swiss (20 orang)

10. Austria (18 orang)


Ahli Matematika Paling Berjasa Sepanjang Masa

1. Pythagoras


Ahli matematika asal Yunani (570-495 SM) ini menciptakan zaman keemasan matematika berkat pengembangan logika numerik dan penemuan teorema geometri. Melansir laman Brain Pickings, ide-idenya memengaruhi ilmuwan dan filsuf lain, seperti Plato, Copernicus, Descartes, Newton, Einstein, dan Kepler.

2. Archimedes


Archimedes (287-212 SM) adalah penemu, ahli matematika, dan astronom yang lahir di kota Syracuse, Sisilia. Ia adalah penemu Hukum Archimedes yang menjelaskan mengapa benda yang diangkat di dalam air terasa lebih ringan daripada saat diangkat di darat. Ini berkat gaya angkat ke atas atau gaya apung.

3. Hypatia


Sangat sedikit ahli matematika yang berjenis kelamin perempuan dan Hypatia (360-415 M) adalah salah satunya. Perempuan kelahiran Alexandria ini tak hanya ahli matematika, tetapi juga astronom dan filsuf.

4. Diophantus


Diophantus adalah matematikawan yang tinggal di Alexandria pada abad ke-3 M. Ia disebut sebagai 'Bapak Aljabar' dan menulis buku berjudul Arithmetica, dilansir The Story of Mathematics.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)