PM Morawiecki kepada Zelensky: Jangan Pernah Menghina Rakyat Polandia

Sabtu, 23 September 2023 - 11:14 WIB
loading...
PM Morawiecki kepada Zelensky: Jangan Pernah Menghina Rakyat Polandia
PM Polandia Mateusz Morawiecki dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/MyNorthwest
A A A
WARSAWA - Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk tidak pernah “menghina” orang Polandia lagi. Ia juga kembali melontarkan retorika keras terhadap Kiev setelah presiden Polandia berusaha meredakan perselisihan yang memanas antara kedua negara mengenai masalah impor gandum Ukraina.

Zelensky sebelumnya membuat marah negara-negara tetangganya di Warsawa – sekutu militer utama melawan Rusia – ketika ia mengatakan kepada Majelis Umum PBB di New York minggu ini bahwa Kiev berupaya mempertahankan jalur darat untuk ekspor biji-bijian di tengah blokade Rusia di Laut Hitam, namun “Teater politik” seputar impor gandum membantu perjuangan Moskow.

Polandia pekan lalu memperpanjang larangan impor gandum Ukraina dalam sebuah tindakan sepihak yang melanggar keputusan Uni Eropa. Tindakan ini telah mengguncang hubungan Kiev dengan Warsawa, yang dipandang sebagai salah satu sekutu paling setia sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari tahun lalu.



“Saya … ingin mengatakan kepada Presiden Zelensky untuk tidak menghina warga Polandia lagi, seperti yang dia lakukan baru-baru ini dalam pidatonya di PBB,” kata Morawiecki pada rapat umum pemilu pada hari Jumat, menurut kantor berita yang dikelola pemerintah, PAP, seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (23/9/2023).

Sebelumnya pada hari Jumat, Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan perselisihan antara Polandia dan Ukraina mengenai impor biji-bijian tidak akan secara signifikan mempengaruhi hubungan bilateral yang baik, sebagai upaya untuk meredakan ketegangan.

“Saya yakin perselisihan mengenai pasokan gandum dari Ukraina ke pasar Polandia merupakan bagian mutlak dari keseluruhan hubungan Polandia-Ukraina,” kata Duda pada konferensi bisnis.



“Saya tidak percaya hal ini akan berdampak signifikan pada mereka, jadi kita perlu menyelesaikan masalah ini di antara kita sendiri,” imbuhnya.

Komentar Duda muncul setelah Perdana Menteri Morawiecki dilaporkan mengatakan bahwa Polandia tidak akan lagi mengirim senjata ke Ukraina di tengah sengketa gandum.

“Kami tidak lagi mentransfer senjata ke Ukraina karena kami sekarang mempersenjatai Polandia dengan senjata yang lebih modern,” kata Morawiecki pada hari Rabu, menurut laporan media lokal.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0919 seconds (0.1#10.140)