Norwegia Tangkap Eks Komandan Tentara Bayaran Wagner saat Mencoba Kembali ke Rusia

Sabtu, 23 September 2023 - 20:18 WIB
loading...
Norwegia Tangkap Eks Komandan Tentara Bayaran Wagner saat Mencoba Kembali ke Rusia
Andrei Medvedev, mantan komandan tentara bayaran Wagner Rusia yang ditangkap di Norwegia. Foto/REUTERS
A A A
OSLO - Polisi Norwegia telah menangkap mantan komandan kelompok tentara bayaran Wagner karena diduga mencoba melintasi perbatasan secara ilegal untuk kembali ke Rusia.

Andrei Medvedev melarikan diri dari Rusia awal tahun ini dan mencari suaka di Norwegia. Pengacaranya telah mengonfirmasi penangkapan Medvedev pada Sabtu (23/9/2023).

Medvedev, yang melarikan diri dari Rusia pada bulan Januari lalu melalui perbatasan Arktik dengan Norwegia, menggambarkan dirinya kabur ketika Garda Rusia melepaskan tembakan ke arahnya.



Dia telah berbicara tentang pertempurannya di Ukraina sebagai bagian dari kelompok Wagner.

Polisi mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Jumat malam bahwa seorang pria yang berusia 20-an tahun telah ditahan karena mencoba melintasi perbatasan Rusia secara ilegal, namun tidak menyebutkan namanya.

Seorang petugas polisi setempat Finnmark menolak memberikan identitas pria yang ditangkap tersebut.

Melintasi perbatasan ke Rusia hanya diperbolehkan di titik-titik yang telah ditentukan.

Namun penangkapan Andrei Medvedev disebabkan oleh kesalahpahaman, kata pengacaranya yang berasal dari Norwegia, Brynjulf Risnes, kepada kantor berita Reuters.

“Dia berada di sana untuk melihat apakah dia bisa menemukan tempat di mana dia menyeberang (ke Norwegia pada bulan Januari). Dia dihentikan ketika dia berada di dalam taksi. Dia tidak pernah berada di dekat perbatasan. Dia tidak pernah berniat untuk menyeberangi perbatasan (ke Rusia)," kata Brynjulf Risnes.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)