alexa snippet

Alokasi Anggaran Gaji ke-13 dan THR PNS Capai Rp23 Triliun

Alokasi Anggaran Gaji ke-13 dan THR PNS Capai Rp23 Triliun
Menkeu Sri Mulyani mengatakan telah mempersiapkan anggaran untuk pencairan gaji ke-13 dan Tunjangan hari raya (THR) bagi para PNS. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan telah mempersiapkan anggaran untuk pencairan gaji ke-13 dan Tunjangan hari raya (THR) bagi para pegawai negeri sipil (PNS). Pembahasannya pun, sudah dilakukan dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Dia menerangkan alokasi anggaran gaji ke-13 dan THR, jumlahnya mencapai Rp23 Triliun untuk tahun ini. Penyediaan anggaran tersebut berbasis pada anggaran di APBN. "Dari sisi keputusannya dan anggarannya basisnya UU APBN yang disetujui, dan anggarannya kami sediakan Rp23 triliun," kata Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (1/6/2017).

(Baca Juga: Bayar Gaji ke-13 dan 14 PNS, Kemenkeu Siapkan Anggaran Lebih Rendah)

Lebih lanjut dia menerangkan untuk pencairannya, THR dan gaji ke-13 dipastikan akan tepat waktu. Saat ini pihaknya tengah menyusun Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sebagai tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah (PP) yang ditetapkan Presiden Jokowi mengenai pencairan gaji ke-13 dan THR tersebut.

"Kita tinggal melakukan PP dan PMK nya agar pencairannya bisa berjalan tepat waktu," imbuhnya

Sebelumnya, Kementerian Keuangan menyatakan pencairan gaji ke-13 dan ke-14 atau THR tinggal menunggu pengesahan Peraturan Pemerintah (PP) dari Presiden Jokowi. Gaji ke-13 dan THR akan dibayarkan berbarengan di Juni 2017.

Sri Mulyani menilai pertengahan tahun adalah waktu yang sangat tepat untuk pencairannya. Sebab, di pertengahan tahun biasanya waktu anak-anak masuk sekolah. "Ya, pada saat masyarakat sedang merayakan kegembiraan, saya rasa itu timing yang tepat dan biasanya dilakukan pada saat pertengahan tahun juga untuk kebutuhan, biasanya untuk anak-anak yang masuk sekolah," terang dia.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top