Pencairan Gaji 13 dan THR Bisa Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Jum'at, 02 Juni 2017 - 12:45 WIB
Pencairan Gaji 13 dan THR Bisa Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi
Pencairan Gaji 13 dan THR Bisa Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan berjanji mencairkan gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) tepat waktu, yakni pada Juni ini. Pencairan ini, guna memenuhi kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang biasanya memasuki tahun ajaran baru untuk membayar biaya pendidikan dan untuk kebutuhan Idul Fitri.

Namun, dengan adanya pencairan ini, dikhawatirkan akan memicu inflasi selain kenaikan harga bahan makanan jelang lebaran.

Meski demikian, Kepala Badan Pusat Statistik (BPA), Suhariyanto, berharap pencairan tersebut tak berpengaruh banyak pada inflasi.

"Kita harapkan jangan memicu inflasi. Kita mengharapkannya, justru akan memperkuat konsumsi rumah tangga yang nanti akan berpengaruh pada komponen konsumsi rumah tangga dalam pertumbuhan ekonomi. Tapi kalau memicu inflasi sih enggak," kata Suhariyanto, Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Suhariyanto melanjutkan, untuk inflasi (bulan Juni nanti) lebih pada permintaan beberapa bahan makanan dan komoditas yang naik.

"Ya saya pikir pemerintah sudah antisipasi dengan stok pangan lebih terjaga dan memperbaiki tata niaga kebijakan. Mudah-mudahan tidak bergejolak," pungkasnya.

Seperti diketahui, pemerintah untuk tahun ini, menggelontorkan anggaran untuk THR dan gaji ke-13 sebesar Rp23 triliun. Angka ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan gelontoran dana tahun lalu sebesar Rp17,9 triliun.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5334 seconds (0.1#10.140)