Menko Darmin: Inflasi Mei 0,39% Cukup Tinggi

Jum'at, 02 Juni 2017 - 13:24 WIB
Menko Darmin: Inflasi Mei 0,39% Cukup Tinggi
Menko Darmin: Inflasi Mei 0,39% Cukup Tinggi
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mewaspadai realisasi inflasi Mei 2017 yang mencapai 0,39%. Pasalnya, angka tersebut cukup tinggi untuk mencapai target inflasi tahunan di bawah 5%.

(Baca Juga: Masuk Ramadan, BPS Rilis Inflasi Mei 0,39%)

Dia mengungkapkan, realisasi inflasi tersebut sejatinya masih dalam kisaran (range) yang cukup untuk mencapai target inflasi tahunan tersebut. Namun menurutnya, angkanya sudah mentok dan harus diturunkan.

"0,39% ya sedikit tinggi itu, walaupun tidak tinggi sekali, artinya untuk mencapai target di bawah 5% masih oke, tapi terlalu tinggi. Memang volatile food, tapi kita harus lihat dulu, sebenarnya comodity apa saja. Jadi masih dalam range yang cukup baik, tapi sudah mulai mentok," katanya di Kantor Kemenko bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Beberapa komoditas yang menyumbang inflasi pada periode ini adalah bawang putih dan daging ayam yang harganya merangkak naik. Menurutnya, harga daging ayam beberapa waktu lalu sangat rendah, jadi pemerintah membuat harganya sedikit dinaikkan agar tidak terlalu memukul peternak.

"Kalau harga daging ayam itu sebenarnya sudah sempat turun. Sekarang agak naik, dampaknya pasti ke inflasi, tapi sebenarnya untuk mencapai angka yang masuk akal supaya jangan terlalu rendah. Kalau terlalu rendah, ternaknya bisa kesulitan," imbuh dia.

Sementara terkait bawang putih, mantan Gubernur BI ini menilai bahwa ada hal yang perlu dibereskan dari tata kelola distribusi dan importasi bawang putih. Sebab, ada beberapa importir yang menguasai pasar karena kuota impornya sangat besar.

"Kalau bawang putih memang ada yang tidak benar. Itu harus dibereskan. Importirnya memang ada yang terlalu besar dan menguasai supply. Biar Mendag yang berurusan dengan importir itu," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka inflasi Indonesia selama Mei 2017 tercatat 0,39%. Angka ini sesuai dengan prediksi Bank Indonesia (BI) bahwa inflasi Mei akan sedikit tinggi.

Inflasi 0,39% tersebut juga disebabkan karena banyaknya kenaikan harga yang terjadi, karena memasuki Ramadan. Dengan angka inflasi tersebut, maka inflasi tahun kalender sebesar 1,67%, untuk inflasi tahunannya 4,33%.

"Dari 82 kota indeks harga konsumen (IHK), ada 70 kota inflasi, sebagian besar kota mengalami inflasi namun 12 kota mengalami deflasi," tutur dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6739 seconds (0.1#10.140)