Sahabat Sandi Bantu Akses Pemasaran UMKM lewat Gowa Lokal Market

Senin, 25 September 2023 - 09:30 WIB
loading...
Sahabat Sandi Bantu Akses Pemasaran UMKM lewat Gowa Lokal Market
UMKM Sahabat Sandi Makassar bersama R2 Indonesia memberikan akses pemasaran kepada puluhan UMKM di Gowa Local Market. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
GOWA - Dalam mengoptimasi penjualan, para pelaku usaha Gowa membutuhkan jangkauan pasar. Adanya kolaborasi ini, UMKM Sahabat Sandi Makassar bersama R2 Indonesia memberikan akses pemasaran kepada puluhan UMKM di Gowa Local Market.

Pameran digelar pada 22 September - 1 Oktober 2023. Puluhan penggiat ekonomi kreatif binaan UMKM Sahabat Sandi difasilitasi booth, pelatihan, hingga perizinan usaha. Adapun berbagai produk yang dijajakan mulai dari kuliner, fashion, hingga kerajinan tangan bucket.

Ketua UMKM Sahabat Sandi Makassar, Ethy Wirdaningsih mengatakan sinergi tersebut diharapkan dapat membantu membawa produk UMKM lokal mendunia. Ia pun menambahkan berbagai macam produk usaha juga didampingi untuk mendapatkan perizinan secara gratis.

"UMKM Sahabat Sandi hadir di Gowa Local Market ini untuk memasarkan produk-produk usaha binaan kami dalam meningkatkan omzet, kemudian memperluas pasar mereka, dan juga mengadakan pelatihan pendampingan perizinan usaha secara gratis diberikan," kata Ethy di Lapangan Syekh Yusuf, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Minggu (24/9/2023).



Puluhan UMKM binaan Sahabat Sandi mendapatkan omzet dua kali lipat meningkatkan selama tiga hari pameran berlangsung. Ethy juga menambahkan, selain akses pasar juga diberikan pelatihan, yakni bucket bunga.

Sandiaga Uno dikenal sebagai Bapak pemerhati UMKM dalam mensupport wirausahawan. Sehingga dorongan yang diberikan melalui program-programnya dapat membangkitkan pelaku ekraf menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk mengurangi angka pengangguran bangsa.

"UMKM binaan Sahabat Sandi ada puluhan, hari pertama omzetnya sudah lumayan, pada hari kedua meningkat dua kali lipat dari biasanya penjualan. Pak Sandi sangat memperhatikan UMKM dan para pelaku usaha juga sangat terbantu dengan dorongan Pak Sandi untuk terus maju dalam menciptakan lapangan kerja kepada masyarakat, khususnya di daerah," ujar Ethy.

Ethy berharap Gowa Local Market dapat menjangkau pasar produk binaannya merata ke luar daerah. "Harapan kami dari event ini pelaku usaha binaan kami produknya lebih dikenal dan mendapatkan pelanggan baru," tutur Ethy.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)