Kiriman Paket Melonjak, JNE Siapkan Pesawat Kargo Khusus

Kamis, 08 Juni 2017 - 18:54 WIB
Kiriman Paket Melonjak, JNE Siapkan Pesawat Kargo Khusus
Kiriman Paket Melonjak, JNE Siapkan Pesawat Kargo Khusus
A A A
JAKARTA - Setiap Ramadan dan Idul Fitri, kebutuhan pengiriman paket oleh masyarakat selalu meningkat di berbagai daerah. Bagi JNE peningkatan jumlah pengiriman yang signifikan saat Ramadhan dan Idul Fitri rutin terjadi setiap tahun.

Untuk memenuhi kebutuhan pengiriman paket dalam e-commerce, JNE bahkan menyiapkan pesawat kargo khusus. Koordinasi dengan berbagai pihak dan booking space juga telah dilakukan, baik dengan airlines maupun pengelola angkutan laut serta darat.

Presiden Direktur JNE M Feriadi mengatakan, saat ini peningkatan jumlah kiriman secara signifikan di momen Ramadhan dan Idul Fitri telah bergeser jadi lebih awal. Tahun-tahun sebelumnya, lonjakan terjadi seminggu sebelum Idul Fitri atau H-7 Lebaran, tapi saat ini kenaikan sudah terjadi pada minggu kedua bulan Ramadhan.

Oleh sebab itu persiapan sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. ”Sehingga JNE siap memenuhi kebutuhan pelanggan, terutama kebutuhan pengiriman paket para pelaku e-commerce atau UKM yang juga meningkat di momen istimewa ini,” katanya, Kamis (8/6/2017).

Diperkirakan jumlah pengiriman pada high season tahun ini mencapai lebih dari 30% dibanding hari-hari biasanya yang kini berjumlah rata-rata 16 juta kiriman per bulan. Jenis paket yang dikirimkan mayoritas pakaian dan makanan yang menjadi komoditi bagi para UKM atau pelaku e-commerce.

Untuk dapat terus memenuhi kebutuhan pengiriman paket seluruh pelanggan yang bertambah pada Ramadan dan Idul Fitri 1438 H dengan kualitas pelayanan prima, JNE melakukan banyak persiapan di berbagai hal dalam bidang IT, SDM, dan infrastruktur. JNE menambah 15.000 lebih SDM dari sekitar 40.000 personel yang sudah ada di seluruh Indonesia. Mereka ini siap melayani pelanggan dan menangani seluruh aktivitas operasional pada high season kali ini.

Begitu juga dengan 7.000 lebih armada yang sudah ada, ditambah sebanyak lebih dari 1.500 unit kendaraan. Dengan demikian ada 8500 armada pengantar paket di semua wilayah dari berbagai jenis kendaraan, seperti mobil, truk berukuran kecil sampai dengan besar, dan yang lainnya.

Pesona atau Pesanan Oleh-Oleh Nusantara sebagai produk layanan JNE untuk mendukung para produsen makanan khas dalam negeri pun mencatat pertumbuhan pesanan konsumen untuk para UKM kuliner di berbagai daerah. Penambahannya berjumlah hingga ribuan pesanan setiap tahun saat high season.

Tahun lalu, pengiriman paket makanan khas daerah di momen Ramadhan dan Idul Fitri didominasi Medan, Padang, Palembang, Bandar Lampung, Bandung, Semarang, dan Bali. Jenis makanan yang paling populer dipesan oleh masyarakat pada hari raya tersebut tahun lalu, seperti bolu meranti, keripik balado, pempek, tahu bakso, batagor, dan pie susu.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7369 seconds (0.1#10.140)