Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional Diresmikan

Senin, 12 Juni 2017 - 11:48 WIB
Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional Diresmikan
Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional Diresmikan
A A A
JAKARTA - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) meresmikan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional. Dalam PIHPS Nasional tersedia informasi harga komoditas pangan strategis secara harian pada 164 pasar tradisional di 82 kota di Indonesia.

Pengembangan PIHPS Nasional ditujukan untuk memberikan akses informasi harga pangan terkini bagi masyarakat dan sekaligus mendukung perumusan kebijakan pengendalian inflasi. Inisiatif pengembangan PIHPS Nasional ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"PIHPS menjadi rumah untuk monitoring harga. Tim teknis melalukan pendalaman dari beberapa aspek. Sehingga, bisa bandingkan koordinasi riil lalu menetapkan komoditas pangan. Ketiga, menjadi standar pengumpulan informasi," ujar Gubernur BI Agus DW Martowardojo di Jakarta, Senin (12/6/2017).

Pengembangan PIHPS Nasional menjadi bagian dari komitmen bersama Bank Indonesia dan pemerintah untuk menjaga inflasi 2017 terkendali dalam sasarannya yakni pada kisaran 4% plus minus 1%. Pada tahap awal, data di dalam PIHPS Nasional mencakup data harga di pasar tradisional untuk 10 komoditi pangan dengan 21 varian yang cukup dominan dikonsumsi masyarakat dan merupakan komoditas yang menjadi sumber inflasi pangan.

"PIHPS fokus pada 10 pangan dengan bobot lebih 50% volatile food. Artinya kalau bisa dikendalikan maka inflasi cukup rendah," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2106 seconds (0.1#10.140)