Nilai Pancasila pada Zaman Kebangkitan Nasional Beserta Penjelasannya

Jum'at, 29 September 2023 - 19:19 WIB
loading...
Nilai Pancasila pada Zaman Kebangkitan Nasional Beserta Penjelasannya
Nilai-nilai Pancasila pada zaman kebangkitan nasional. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nilai-nilai Pancasila pada zaman kebangkitan nasional sudah ditanamkan oleh para tokoh bangsa. Nilai tersebut menjadi dasar perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan.

Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang berisi lima nilai dasar pedoman hidup berbangsa dan bernegara. Adapun nilai-nilai pancasila pada zaman kebangkitan nasional adalah sebagai berikut.

Nilai Pancasila pada Zaman Kebangkitan Nasional


1. Nilai Ketuhanan


Nilai Ketuhanan menjadi salah satu nilai Pancasila yang sangat penting pada zaman kebangkitan nasional. Para tokoh bangsa percaya bahwa Tuhan akan memberikan pertolongan kepada mereka dalam perjuangan melawan penjajahan.



Mereka menganggap bahwa perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah suatu perjuangan yang suci dan didukung oleh Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, nilai ketuhanan menjadi salah satu dasar perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan.

2. Nilai Kemanusiaan


Para tokoh bangsa memperjuangkan hak-hak rakyat Indonesia untuk hidup bebas dari penjajahan. Mereka mengakui persamaan derajat, persamaan hak, dan persamaan kewajiban antara sesama manusia.



Selain itu, mereka juga saling mencintai sesama manusia dan mengembangkan sikap tenggang rasa. Dalam perjuangan melawan penjajahan, para tokoh bangsa menunjukkan sikap yang tidak semena-mena terhadap orang lain.

3. Nilai Persatuan


Nilai persatuan tercermin pada semangat para tokoh bangsa untuk bersatu melawan penjajahan. Mereka menyadari bahwa hanya dengan bersatu, bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)