Ganjar Creasi Komitmen Majukan Kopi Lokal Khas Jombang

Sabtu, 30 September 2023 - 12:30 WIB
loading...
Ganjar Creasi Komitmen Majukan Kopi Lokal Khas Jombang
Sukarelawan Generasi Alumni Muda UB-ITS-UNAIR Bersama Ganjar atau Ganjar Creasi (G-Creasi) menggelar workshop pengolahan kopi di Golden Ratio Coffee di Kelurahan Sengon, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada Sabtu (30/9/2023). FOTO/dok.SIN
A A A
JAKARTA - Sukarelawan Generasi Alumni Muda UB-ITS-UNAIR Bersama Ganjar atau Ganjar Creasi (G-Creasi) berkomitmen untuk memajukan produk kopi lokal khas Jombang, yakni kopi excelca.

Upaya tersebut tersebut pun dilakukan loyalis Ganjar Pranowo ini melalui workshop pengolahan kopi di Golden Ratio Coffee di Kelurahan Sengon, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada Sabtu (30/9/2023).

Koordinator Daerah G-Creasi Jombang, M Gaffari menilai bahwa kopi excelca merupakan salah satu jenis kopi terbaik di Jawa Timur.

"Excelca ini merupakan biji kopi terbaik kedua di Jawa Timur. Ini merupakan produk asli dari Jombang. Namun sayangnya banyak anak kopi yang sekadar minum saja tapi asal usul dan value di balik secangkir kopi yang mereka minum," kata Gaffari, dikutip melalui keterangan tertulis.



Diketahui kopi excelca yang juga biasa disebut Asisa ini merupakan varietas kopi yang paling banyak tumbuh di kawasan sekitar lereng gunung Anjasmoro.

Gaffari berharap, para peserta bisa semakin mengenal kopi excelca sebagai salah satu produk lokal kebanggaan Jombang, dan bisa mempromosikan kopi tersebut pada rekan-rekannya.

"Harapannya setelah ini mereka jadi lebih bangga dan turut mempromosikan produk kopi lokal di daerah mereka. Biji kopi excelca dari Jombang," harap Gaffari.

Lebih lanjut, Gaffari menerangkan bahwa workshop ini juga ditujukan untuk mengedukasi para peserta akan adanya peluang bisnis dari kopi. Mulai dari mendirikan kafe atau menjadi seorang barista.

"Tentunya coffeshop ini juga bentuk dari UMKM, usaha yang menjanjikan karena cukup populer. Sehingga bisa berpeluang membuka lapangan kerja. Cukup bisa membantu pemberdayaan masyarakat," ujar dia.



Menurutnya, workshop ini terinspirasi dari program-program Ganjar Pranowo selama memimpin Jawa Tengah. Ganjar, dikenal sebagai pemimpin yang sangat mendukung kemajuan UMKM dan pemberdayaan anak muda.

"Bapak Ganjar sendiri juga mendukung UMKM. Kami lihat sendiri yang telah Bapak Ganjar lakukan di Jawa Tengah, membawa UMKM naik kelas," tuturnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)