Cek Kesehatan Warga, Relawan Ganjar Sisir Wilayah Selatan Jabar

Minggu, 01 Oktober 2023 - 21:08 WIB
loading...
Cek Kesehatan Warga, Relawan Ganjar Sisir Wilayah Selatan Jabar
Tim medis dari relawan Kawanjuang GP memeriksa kesehatan warga di Kabupaten Pangandaran. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PANGANDARAN - Relawan KawanJuang GP menggelar pengobatan gratis di pesisir pantai selatan Jabar pekan ini. Pemeriksaan kesehatan dilakukan di dua desa yaitu Pangandaran dan Pananjung, Kabupaten Pangandaran. Di setiap titik, diikuti sekitar 150 peserta.

Selain penduduk sekitar, pemeriksaan dilakukan terhadap nelayan dan pengrajin ikan asin. Berdasarkan hasil tes oleh tim dokter relawan KawanJuang GP, rata-rata penduduk menderita hipertensi. "Ada peserta yang tekanan darahnya di atas 200 mm/Hg tapi merasa baik-baik saja," kata salah satu koordinator acara Rudy Ferdiansyah, Minggu (1/10/2023).

Menurut salah satu tim dokter Daris Akbar, berdasarkan hasil pemeriksaan fisik yaitu tekanan darah, asam urat, kolesterol dan glukosa darah, terdapat rata-rata 3 penyakit yang mayoritas diderita warga Pangandaran. Ketiganya adalah darah tinggi grade 2, asam urat, dan kolesterol. Ada juga warga yang menderita diabetes melitus tipe 2, meski tak banyak.

"Yang menjadi fokus perhatian adalah darah tinggi. Saat dicek, banyak sekali penduduk yang tekanan darahnya di atas 180/110, sehingga termasuk kategori hipertensi krisis. Seharusnya tekanan darah itu diturunkan segera dengan obat dan pola hidup yang sehat," lanjutnya.

Pemicu utama meningkatnya penyakit ini di antaranya karena sejak dulu penduduk di wilayah pesisir sudah terbiasa mengkonsumsi makanan yang mengadung garam tinggi dan makanan laut seperti udang, kerang ataupun ikan laut. "Makanan ini sejatinya mengandung purin tinggi yang memicu peningkatan asam urat dan tinggi kolesterol. Hal ini memicu perubahan metabolisme tubuh sehingga muncul penyakit tersebut," ujarnya.

Untuk pengobatan, yang diutamakan adalah meminum obat penurun tekanan darah, kolesterol, dan asam urat. Dia juga menyarankan agar penduduk setempat rutin berobat ke puskesmas atau rumah sakit terdekat sebulan sekali.

Selain itu mengontrol pola makan, berhenti mengkonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi seperti ikan asin dan makanan laut. "Makanan yang bagus untuk menurutkan darah tinggi bisa dari putih telur, buah-buahan seperti seperti pisang dan sayuran seperti brokoli," tandasnya.

Selain di wilayah pesisir, KawanJuang GP juga melakukan bakti sosial berupa pengobatan gratis dan senam bersama di DKI Jakarta serta Jawa Barat. Di Jakarta, pengobatan dilakukan di wilayah Kebon Jeruk (Jakarta Barat), Bambu Apus (Jakarta Timur), dan Kebayoran Lama (Jakarta Selatan). Untuk wilayah Jawa Barat, pengobatan dilakukan di Lembang (Kabupaten Bandung Barat), Kabupaten Bandung, dan Kota Bandung.

Total kegiatan pemeriksaan oleh tim dokter dan tenaga kesehatan dilakukan di 13 titik yang diikuti sekitar 1.600 orang. Selain itu senam berlangsung di 3 titik yang diikuti sekitar 200 peserta.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)