Bolehkan Makan Tempe Setiap Hari? Alergi Kedelai Wajib Waspada

Senin, 02 Oktober 2023 - 08:45 WIB
loading...
Bolehkan Makan Tempe Setiap Hari? Alergi Kedelai Wajib Waspada
Bolehkan makan tempe setiap hari? Ini menjadi pertanyaan banyak orang. Pasalnya, tempe merupakan makanan masyarakat Indonesia. Foto/ Getty.
A A A
JAKARTA – Bolehkan makan tempe setiap hari? Ini menjadi pertanyaan banyak orang. Pasalnya, tempe merupakan makanan nikmat yang kerap dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Mengutip The Healthy pada Senin (2/10/2023), Sharon Palmer selaku ahli gizi dan ahli diet terdaftar di Ojai, California dan penulis California Vegan mengatakan jika tempe aman untuk dikonsumsi setiap hari.

“Benar-benar aman dan sehat untuk makan hingga dua hingga tiga porsi produk kedelai, seperti tempe, setiap hari," kata Palmer.



Namun, Palmer mengingatkan jika pemilik alergi kedelai harus tetap berhati-hati karena tempe terkadang dapat mengandung gluten dari biji-bijian tertentu, itu juga tidak boleh digunakan bagi siapa saja yang memiliki sensitivitas gluten atau penyakit celiac.

Dengan mengonsumsi tempe sehari-hari, maka kamu akan merasakan beberapa manfaatnya bagi tubuh seperti berikut ini.

Manfaat Tempe

1. Memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh

Sama seperti makanan kedelai lainnya (seperti tahu, susu kedelai, dan edamame), tempe menyediakan protein lengkap. Itu jarang ditemukan dalam makanan nabati.

Jadi dengan makan tempe , kamu bisa mendapatkan protein lengkap yang biasa didapatkan dari daging, unggas, makanan laut, telur, dan susu. Benar-benar paket komplit, dalam satu lauk bisa memenuhi kebutuhan protein tubuh.

Hal ini tentu menjadi kabar baik untuk vegetarian dan vegan, yang sering kehilangan protein lengkap karena mereka tidak makan produk hewani. Jadi, kini mereka bisa mengonsumsi tempe untuk memenuhi kebutuhan proteinnya.

2. Prebiotik yang ramah usus

"Meskipun tempe adalah makanan fermentasi, itu dimasak sebelum kita memakannya, begitu banyak probiotiknya yang hilang. Namun, tempe masih merupakan sumber prebiotik yang baik, yang memberi makan bakteri menguntungkan di usus Anda,” ucap Deborah Murphy, seorang ahli gizi di Chicago.

Selain itu, proses fermentasi juga meningkatkan ketersediaan nutrisi tertentu dalam tempe, seperti zat besi, riboflavin, niasin, biotin, folat, dan vitamin B6.
Bolehkan Makan Tempe Setiap Hari? Alergi Kedelai Wajib Waspada

3. Membantu mengontrol berat badan

Tempe dipercaya dapat mengontrol berat badan karena protein dan serat yang terkandung di dalam tempe dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama setelah kita mengonsumsinya.

4. Alternatif daging yang ramah hati

Tempe sama seperti daging sapi yang memiliki kandungan tinggi protein. Namun, tempe lebih aman untuk kesehatan hati dan jantung dibanding daging sapi.



“Tempe sangat rendah lemak jenuh dan malah mengandung lemak tak jenuh yang sehat untuk jantung seperti lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal," kata Murphy.

“Keindahan tempe adalah bahwa ia juga menyediakan serat dan isoflavon kedelai, yang melakukan tugas ganda untuk melindungi ticker Anda dengan menurunkan kolesterol darah secara alami,” ucapnya lagi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)