Bentuk Transparansi, Sprint Dilengkapi Fitur Tracking

Selasa, 20 Juni 2017 - 12:43 WIB
Bentuk Transparansi, Sprint Dilengkapi Fitur Tracking
Bentuk Transparansi, Sprint Dilengkapi Fitur Tracking
A A A
JAKARTA - Sebagai bentuk transparansi proses perizinan, Sistem Informasi Perizinan dan Registrasi Terintegrasi (Sprint) dilengkapi fitur tracking. Sehingga, pemohon dapat senantiasa melakukan monitoring terhadap progres perizinan atau pendaftaran yang telah diajukan.

(Baca Juga: Proses Izin Pasar Modal dan Perbankan Lebih Cepat Lewat Sprint)

Selain sebagai bentuk transparansi, fitur tracking ini juga dimaksudkan untuk mengurangi interaksi antara pemohon dengan regulator, sehingga dapat mengurangi potensi moral hazard dari pemohon maupun regulator. Termasuk meningkatkan kualitas good governance di lingkungan OJK.

Sebelumnya pada 2016, OJK juga telah meluncurkan Sprint Bancassurance untuk perizinan pemasaran produk asuransi, Sprint untuk perizinan penjualan reksa dana melalui bank selaku APERD serta Sprint pendaftaran akuntan publik atau kantor akuntan publik. Keduanya telah diimplementasikan sepenuhnya pada 2017.

"Ke depan, OJK akan terus mengembangkan Sprint untuk perizinan lainnya, sehingga layanan perizinan dapat berjalan dengan lebih baik," ujar Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Rahmat Waluyanto di Jakarta, Selasa (20/6/2017).

Dia menjelaskan, untuk dapat mewujudkan proses perizinan interkoneksi penerbitan obligasi dan sukuk bagi emiten bank yang cepat, tepat, transparan, dan akuntabel, Sprint telah dilengkapi beberapa modul yaitu modul informasi perizinan, modul pelayanan perizinan, serta modul monitoring perizinan.

Melalui modul informasi perizinan, pemohon dapat mengakses informasi terkait regulasi, prosedur, serta standard level agreement dari perizinan penerbitan obligasi dan sukuk bagi emiten bank.

"Adapun interface antara pemohon dengan OJK selaku regulator selama proses perizinan, telah sepenuhnya terakomodir di dalam modul pelayanan perizinan," terangnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5000 seconds (0.1#10.140)