alexa snippet

BI Beri Izin ke JPN, Transaksi ATM Bank BUMN Lebih Murah

BI Beri Izin ke JPN, Transaksi ATM Bank BUMN Lebih Murah
BI mengeluarkan izin terhadap PT Jalin Pembayaran Nasional (JPN) untuk status prinsipal dan switching, sehingga transaksi di ATM BUMN menjadi lebih murah. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan izin terhadap PT Jalin Pembayaran Nasional (JPN) untuk status prinsipal dan switching. Nantinya, transaksi di ATM manapun yang merupakan BUMN, menjadi lebih murah, sehingga bank BUMN bisa lebih efisien dalam mengoperasikan mesin ATM.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Enny V Panggabean mengatakan, dengan JPN ini diharapkan bisa mendorong efisiensi biaya transaksi perbankan milik negara. Selain itu, lembaga switching ini diharapkan bisa menekan biaya transfer, cek saldo hingga tarik tunai.

"Kami harap biaya transaksi antar bank BUMN menjadi Rp4.000 kemudian nantinya malah bisa gratis melalui Jalin ini," kata Enny Plaza Mandiri, Jakarta, Selasa (20/6/2017)

Selain itu, dengan adanya Jalin bakal memudahkan konsumen yang menggunakan jasa perbankan milik pemerintah ini. "Maka, kami akan dukung Jalin untuk meningkatkan efisiensi nasional," ujar dia.

Menurutnya, Jalin juga sedang dipersiapkan untuk masuk ke sistem national payment gateway (NPG) atau gerbang pembayaran nasional yang sedang dicanangkan bank sentral.

"NPG ini akan memungkinkan seluruh transaksi ritel diproses domestik, kami harap Jalin bisa ikut ambil bagian di sistem pembayaran ini," pungkasnya.
(izz)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top