Kesepakatan OPEC Kurang Efektif, Harga Minyak Kembali Rendah

Rabu, 21 Juni 2017 - 10:06 WIB
Kesepakatan OPEC Kurang Efektif, Harga Minyak Kembali Rendah
Kesepakatan OPEC Kurang Efektif, Harga Minyak Kembali Rendah
A A A
TOKYO - Harga minyak mentah pada perdagangan Rabu (21/6/2017) kembali turun sehingga berada di posisi terendah. Hal ini disebabkan investor menilai kesepakatan OPEC dan non-OPEC dalam mengurangi produksi tidak efektif, sehingga sejauh ini gagal untuk mendongkrak harga.

Mengutip dari Reuters, Rabu (21/6), harga minyak patokan Brent turun 6 sen menjadi USD45,96 barel pada pukul 00.35 GMT. Sebelumnya, harga minyak patokan global ini turun 89 sen atau 1,9% pada perdagangan Selasa malam, yang merupakan level terendah sejak November 2016.

Adapun harga minyak berjangka AS, West Texas Intermediate untuk kontrak yang berakhir Juli pada Selasa kemarin, turun 2%. Dan harga untuk kontrak Agustus diperdagangkan turun 3 sen menjadi USD43,48 per barel.

Fawad Razaqzada, analis pasar di Forex.com menilai kendati OPEC dan negara produsen minyak lainnya sepakat memangkas produksi 1,8 juta barel per hari selama enam bulan belakangan, namun kepatuhan terhadap kesepakatan tersebut tidak bulat.

"Kurangnya respons positif terhadap harga minyak jelas menunjukkan pelaku pasar tidak yakin bahwa upaya OPEC akan membantu menaikkan harga. Yang mereka lakukan hanya menaikkan harga dengan jangka pendek, jadi tidak efektif," ujarnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2204 seconds (0.1#10.140)