7.000 Orang Berpartisipasi Ikut Mudik Bareng BRI

Rabu, 21 Juni 2017 - 18:06 WIB
7.000 Orang Berpartisipasi Ikut Mudik Bareng BRI
7.000 Orang Berpartisipasi Ikut Mudik Bareng BRI
A A A
JAKARTA - Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam, termasuk di Indonesia. Karena merupakan ajang bersilaturahmi bersama sanak saudara. Di Indonesia, silaturahmi ini kerap dengan mengunjungi kampung halaman yang dikenal dengan sebutan mudik.

Fenomena mudik yang terjadi setiap tahun, timbul beberapa dampak akibat mobilisasi masyarakat dalam jumlah besar di waktu yang hampir bersamaan. Macet terjadi hampir di semua kota tujuan mudik, dengan diiringi kejadian kecelakaan yang juga meningkat pada saat yang sama.

"Melihat kondisi ini, Bank BRI secara rutin sejak tahun 2004 mengadakan kegiatan mudik bareng gratis yang diikuti oleh nasabah BRI," kata Direktur Utama BRI Suprajarto di Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility Bank BRI untuk membantu meringankan beban masyarakat, karena dengan ikut Mudik Bareng BRI, masyarakat bisa menghemat biaya yang dikeluarkan untuk transportasi mudik.

Untuk tahun ini, Bank BRI akan menggelar mudik bersama dengan 7.000 nasabah BRI dengan menggunakan 110 armada bus, empat kereta api, dua pesawat dan satu kapal laut.

Adapun tujuan mudiknya yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Barat dan Sumatra Selatan. Para peserta yang berpartisipasi dalam Mudik Bareng BRI tahun ini adalah nasabah UMKM pilihan Bank BRI yang merantau ke Jabodetabek.

Diantara 7.000 pemudik yang ikut berpartisipasi, 50 diantaranya merupakan Tenaga Kerja Indonesia yang juga difasilitasi mudik gratis oleh Bank BRI. 50 pahlawan devisa tersebut diantaranya berasal dari Uni Emirat Arab, Saudi Arabia, Taiwan, Hong Kong, Korea Selatan dan Malaysia.

"Ini merupakan wujud apresiasi Bank BRI, dimana ke-50 orang pahlawan devisa yang terpilih merupakan nasabah BRI yang secara rutin telah mengirimkan sebagian dari penghasilannya untuk ditabung di rekening BRItama dan Simpedes," ujarnya.

Mudik Bareng BRI tahun ini akan dilaksanakan dalam empat tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada Kamis, 15 Juni 2017 dengan menggunakan moda transportasi kapal laut. Sedangkan tahap kedua menggunakan moda transportasi bus dan kereta api yang dilaksanakan pada Rabu, 21 Juni 2017. Adapun tahap terakhir dilaksanakan pada Kamis, 22 Juni 2017, dengan menggunakan pesawat udara.

Pemudik yang ikut tidak perlu khawatir dengan biaya. Pasalnya, Mudik Bersama BRI ini tak dikenai biaya sepeser pun alias gratis. Selain memperoleh kemudahan transportasi berkelas, peserta mudik bersama juga dijamin saat buka puasa dan sahur di perjalanan, serta setiap moda transportasi dilengkapi dengan perangkat kesehatan yang memadai.

Disamping itu, pemudik juga diberikan fasilitas perlindungan asuransi kecelakaan diri oleh Bringin Life. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat menjadi terbantu dalam merekatkan kembali tali silaturahmi para pemudik dengan keluarga di kampung halaman.

Dari sisi Bank BRI, kegiatan ini bertujuan untuk membantu Pemerintah dalam mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. Kegiatan Mudik Bareng BRI ini bagian dari implementasi program CSR Bank BRI, yakni BRI Peduli. Adapun program BRI Peduli dari terdiri tujuh jenis bantuan, diantaranya bantuan bidang pendidikan, kesehatan, bantuan sarana umum, bantuan sarana ibadah, pelestarian alam dan bencana alam serta pengentasan kemiskinan.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9985 seconds (0.1#10.140)