15 Negara Pecahan Uni Soviet, Ada yang Memiliki Populasi Muslim Mayoritas

Senin, 02 Oktober 2023 - 17:54 WIB
loading...
15 Negara Pecahan Uni Soviet, Ada yang Memiliki Populasi Muslim Mayoritas
Orang-orang memperingati berakhirnya konflik militer terbaru di wilayah Nagorno-Karabakh antara Azerbaijan dan Armenia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Ada sekitar 15 negara pecahan Uni Soviet yang bisa diketahui. Beberapa di antaranya diketahui memiliki penduduk mayoritas Muslim.

Sejarah mencatat bahwa Uni Soviet pernah hadir sebagai kekuatan besar di dunia. Tak hanya kekuatan militernya yang mengerikan, mereka juga memiliki wilayah yang cukup besar.

Namun, keberadaan Uni Soviet harus runtuh sekitar tahun 1991. Setelahnya, masing-masing wilayahnya saling memisahkan diri dan menjadi negara merdeka. Siapa sajakah mereka?

Daftar Negara Pecahan Uni Soviet

1. Rusia


Pasca bubarnya Uni Soviet, RSFSR berubah nama menjadi Federasi Rusia pada 25 Desember 1991. Waktu itu, ditetapkan juga Moskow sebagai ibu kota.

Melihat statusnya, Rusia menjadi negara pecahan Uni Soviet dengan wilayah paling besar. Tak hanya itu, mereka juga memiliki perekonomian kuat dan telah dianggap sebagai salah satu negara besar yang disegani dunia.

Saat ini, Vladimir Putin menjabat sebagai Presiden Rusia. Terlepas dari sosoknya yang kerap memunculkan kontroversi dan sorotan, dia telah menjadi salah satu pemimpin negara yang cukup disegani keberadaannya.

2. Armenia


Armenia memiliki ibu kota di Yerevan yang juga menjadi kota terbesar serta pusat keuangan. Dulunya, mereka juga menjadi bagian Uni Soviet dan tergabung dalam SSR Transkaukasia bersama Azerbaijan dan Georgia.

Setelah keruntuhan Uni Soviet, Armenia berdiri sebagai negara sendiri. Pada riwayatnya, mereka juga memiliki sejarah konflik panjang dengan Azerbaijan, terutama terkait Nagorno-Karabakh.

3. Azerbaijan


Azerbaijan adalah negara lintas benua yang berada di perbatasan Eropa Timur dan Asia Barat. Baku menjadi ibu kota sekaligus kota terbesar di negara tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)