Pergantian Putra Mahkota Saudi dan Dampak Terhadap Ekonomi

Jum'at, 23 Juni 2017 - 12:49 WIB
Pergantian Putra Mahkota Saudi dan Dampak Terhadap Ekonomi
Pergantian Putra Mahkota Saudi dan Dampak Terhadap Ekonomi
A A A
RIYADH - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud pada Rabu lalu, menerbitkan sebuah dekrit yang mempromosikan putranya, Pangeran Mohammaed bin Salman (31) sebagai putra mahkota pewaris kerajaan, menggantikan keponakannya Pangeran Muhammad bin Nayef (57).

Keputusan Raja Salman (81) ini termasuk mengejutkan. Pasalnya posisi putra mahkota pada Pangeran Nayef yang juga Menteri Dalam Negeri Arab Saudi telah ditetapkan sejak tahun 2015. Keputusan ini ditengarai sebagai perubahan Arab Saudi untuk mewujudkan Visi 2030.

Selama ini, ekonomi Arab Saudi banyak bergantung dari cadangan minyak. Maklum saja, 22% cadangan minyak bumi yang terbukti di dunia ada di Arab Saudi. Negara beribukota Riyadh ini juga menjadi “komandan” kelompok negara-negara eksportir minyak, OPEC, dan memainkan peran utama dalam memangkas produksi demi meningkatkan harga.

Melansir dari CNN Money, Jumat (23/6), para analis menilai perubahan urutan singgasana kerajaan dapat mendorong usaha reformasi ekonomi. Namun kebijakan soal minyak dinilai tidak banyak berubah.

“Untuk minyak, bisnis akan seperti biasa. Arab Saudi tetap melanjutkan peran kepemimpinannya di OPEC,” ujar John Sfakianakis, direktur riset ekonomi di Gulf Research Center di Riyadh.

Upaya Saudi dan OPEC menstabilkan harga minyak, sejauh ini jauh dari kata berhasil. Memang harga minyak telah pulih dari level terendah USD26 per barel pada awal 2016, namun harapan agar harga di atas USD50 per barel dengan pemangkasan produksi 1,8 juta barel, gagal terjadi. Penyebabnya Amerika Serikat kini gencar meningkatkan produksi minyaknya.

Mohammed bin Salman sendiri mengatakan ketergantungan negara kepada minyak sebagai “candu”. Untuk itu, Pangeran Mohammed yang juga Menteri Pertahanan Saudi telah mengarsiteki diversifikasi ekonomi dan menumbuhkan peran sektor swasta dalam mewujudkan Visi 2030.

Analis menilai perubahan garis suksesi dapat mempercepat reformasi ekonomi. Dan investor menyambut baik perubahan ini, dimana saham di Bursa Riyadh melonjak 5,5%. “Pergesaran suksesi kerajaan membantu mendukung kredibilitas proses reformasi ekonomi di Arab Saudi,” tulis Tom Rogers, ekonom di Oxford Economics.

Putra mahkota baru ini harus fokus pada lapangan pekerjaan. Ya, hal ini sebagaimana prioritas Visi 2030, yaitu menciptakan lapangan kerja untuk populasi muda. Saat ini, sekitar 60% penduduk Saudi berada di bawah usia 30 tahun. Dan 12% dari mereka tidak memiliki pekerjaan alias menganggur.

Penelitian Rogers mencatat bahwa 400.000 orang muda Saudi memasuki angkatan kerja setiap tahunnya. Masalah angkatan muda dan pekerjaan ini juga disampaikan Salman Al-Ansari, presiden Komite Urusan Hubungan Masyarakat Saudi-Amerika.

“Arab Saudi sekarang harus mewakili generasi mudanya dan memenuhi kebutuhan mereka yang terus berkembang,” kata Al-Ansari. Lanjut dia, pangeran mahkota yang baru dinobatkan dan berusia 31 tahun, dinilai memenuhi syarat untuk mewakili generasi muda Saudi.

Selaras dengan itu, Pangeran Mohammed bin Salman juga telah menetapkan target untuk mengurangi pengangguran menjadi 7% pada 2030. Dia juga ingin meningkatkan proporsi perempuan dalam pekerjaan menjadi 30%.

Beberapa hambatan bagi wanita untuk bekerja pun sudah ditinjau kembali. Raja Salman bahkan telah memerintah judicial review undang-undang yang membatasi perempuan dalam bekerja atau pergi ke universitas harus mendapatkan izin dari suami atau saudara laki-lakinya. Analis juga memperkirakan larangan perempuan mengemudi di Saudi juga bakal dihapus.

Langkah lainnya, pemerintah akan menambal anggaran akibat rendahnya harga minyak dengan menarik pajak. Selain akan memperkenalkan pajak, Saudi juga akan mengurangi subsidi untuk bahan bakar dan listrik.

Perubahan strategi lainnya dari Mohammed bin Salman adalah menjual sebagian saham Aramco, perusahaan minyak negara dan penghasil minyak utama dunia. Uang besar yang dihasilkan akan diinvestasikan di bidang ekonomi lainnya.

Pejabat Saudi mengatakan mereka berharap IPO alias penawaran saham perdana Aramco bisa menarik dana USD2 triliun. Sementara para analis independen mengatakan IPO Aramco akan menghasilkan angka USD1,4 triliun. Namun dengan harga minyak yang masih rendah saat ini, IPO Aramco terpaksa ditangguhkan.

“Kami melihat ada beberapa penundaan dalam beberapa proyek ekonomi. Tapi kami yakin rencana transformasi ekonomi dalam jangka panjang tetap dilaksanakan,” kata Mazen Al Sudairi, kepala penelitian di Al Rajhi Capital di Riyadh.

Dan sambung Mazen, pengangkatan Pangeran Mohammed akan memberinya lebih banyak kekuatan dan wewenang untuk menyesuaikan atau merevisi rencana sebelumnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7403 seconds (0.1#10.140)