Mengapa Hati Suka Gelisah? 8 Perkara Ini Jadi Penyebabnya Menurut Islam

Selasa, 03 Oktober 2023 - 14:43 WIB
loading...
Mengapa Hati Suka Gelisah? 8 Perkara Ini Jadi Penyebabnya Menurut Islam
Penyebab rasa gelisah di dalam hati bisa bermacam-macam, pemicunya tidak hanya datang dari dalam diri sendiri, tetapi juga bisa datang dari luar diri sendiri. Foto ilustrasi/ist
A A A
Pernah merasakah hati gelisah ? Pasti semua orang telah mengalaminya. Lantas apa penyebab kegelisahan hati ini? Bagaimana pula Islam memandang tentang hati gelisah tersebut?

Penyebab rasa gelisah di dalam hati bisa bermacam-macam. Beragam alasan dan faktor-faktor tertentu bisa menjadi pemicunya yang tidak hanya datang dari dalam diri sendiri, tetapi juga bisa datang dari luar diri sendiri. Disarikan dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab hati gelisah menurut Islam, antara lain:

1. Kian pudarnya keyakinan kepada Allah.

Memudarnya keyakinan ini berarti menandakan bahwa keimanan kepada Allah melemah. Sebagaimana kita tahu bahwa seorang yang imannya lemah pasti hatinya akan merasa gelisah dan tidak tenang. Hal ini dikarenakan melemahnya iman berarti mengindikasi diri lupa terhadap Tuhan Yang Maha Segalanya, termasuk Maha Pemberi Pertolongan dalam menghilangkan rasa gelisah yang ada di dalam hati.

2. Terlalu ikut campur dalam perkara Tuhan

Pengertiannya di sini karena kita erlalu mencampuri terhadap perkara-perkara yang sudah menjadi urusan dan ketentuan Allah SWT, di mana dalam hal ini dapat dikatakan sebagai takdir. Sebagaimana kita tahu bahwa takdir memang menjadi daerah kekuasaan Allah yang tidak harusnya dicampuri oleh makhluk-Nya.

3. Kurang sabar saat menjalani ujian hidup

Hati gelisah bisa disebabkan karena kurangnya kesabaran ketika menjalani ujian dari Allah SWT. Sebagaimana telah kita ketahui sebagai manusia yang beragama bahwa hidup ini pasti akan menemui berbagai macam ujian. Oleh karena itu, apabila ujian tersebut datang, maka kita harus mampu bersabar dalam menghadapi dan menjalaninya.

Karena apabila kita tidak bersabar, justru akan menimbulkan rasa gelisah di dalam hati kita sendiri. Bahkan kita harus merasa beruntung jikalau Allah SWT masih mau menguji kita, karena itu menandakan bahwa Allah SWT masih ingat kepada kita sebagai salah satu hamba-Nya di dunia ini.

4. Sering mengeluh

Kebiasaan sering mengeluh dengan ujian yang datang dari Allah SWT, faktor utama penyebab hati gelisah. Mengeluh dengan ujian Tuhan memang terkadang tidak bisa dihindari, tetapi janganlah terlalu sering, karena hal tersebut hanya akan menyebabkan hati menjadi gelisah.

5. Menganggap Allah tidak adil

Menganggap Allah tidak adil karena apa yang kita inginkan tidak dikabulkan, ini juga penyebab hati gelisah. Padahal Allah Maha Adil. Bukti keadilan tersebut contohnya ialah memberikan solusi dalam setiap permasalahan, memberikan kemudahan dalam setiap kesusahan, menciptakan yang miskin dan yang kaya supaya roda kehidupan dunia dapat berjalan, bahkan memberikan kesehatan dan juga sakit agar kita tidak menjadi manusia yang sombong.

6. Lupa bersyukur

Penyebab hati gelisah adalah kurangnya melakukan rasa syukur kepada Allah SWT. Dalam artian, kita lupa untuk memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala hal yang telah diberikan-Nya selama hidup di dunia, seperti kesehatan, kesenangan, dan lain sebagainya.

7. Enggan melaksanakan perintah Allah SWT

Penyebab ketujuh yang dapat menjadikan hati gelisah adalah enggan melaksanakan perintah Allah SWT. Contohnya saja ialah enggan melaksanakan salat yang merupakan tiang agama. Sebagaimana kita tahu bahwa salat adalah salah satu ibadah yang dapat menjadikan hati menjadi tenang dan tentram.

8. Sering melanggar larangan

Kita sering melanggar larangan Allah SWT, sudah pasti ini juga penyebab hati gelisah. Bahkan menjadikan pelanggaran tersebut sebagai sebuah kebiasaan setiap harinya. Kebiasaan melakukan dosa yang kemudian memang berwujud menjadi sebuah kesengajaan akan menjadi penyebab timbulnya rasa gelisah di dalam hati.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)