Penumpang Bandara Juanda Diprediksi Tembus 76.000 Orang/Hari

Jum'at, 30 Juni 2017 - 06:05 WIB
Penumpang Bandara Juanda Diprediksi Tembus 76.000 Orang/Hari
Penumpang Bandara Juanda Diprediksi Tembus 76.000 Orang/Hari
A A A
SURABAYA - Puncak arus balik penumpang di Bandar Udara (Bandara) Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur, diprediksi mulai kemarin hingga Minggu (2/7) mendatang. Pasalnya kemarin merupakan hari terakhir libur Idul Fitri dan cuti bersama.

Data PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda menyebutkan, hingga H+2 Idul Fitri, jumlah penumpang yang ada di bandara ini mencapai 825.771, naik sekitar 2,06% dibanding momentum yang sama tahun lalu yang mencapai 809.127.

Sedangkan pada Rabu (28/6), jumlah penumpang mencapai 57.121. "Kami memperkirakan, selama puncak arus balik, jumlah penumpang di Bandara Juanda bisa naik antara 75.000 hingga 76.000 orang per hari," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda, Febrian Prayoga, Kamis (29/6/2017).

Tujuan paling banyak dalam arus balik ini adalah Surabaya-Jakarta, Surabaya-Denpasar, Surabaya-Makassar. Sedangkan untuk jurusan internasional tujuan Surabaya-Kuala Lumpur (Malaysia). Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang, bandara berkode SUB itu bersiaga selama 24 jam mulai H-10 hingga H+15 Idul Fitri.

Pihak bandara juga menyediakan empat unit mobil ambulans untuk antisipasi jika penumpang sakit atau pingsan mendadak. "Peningkatan jumlah penumpang juga diimbangi dengan adanya penambahan penerbangan (extra flight) dari sejumlah maskapai," imbuh General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda, Yuwono.

Data PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda juga menyebutkan, selama momentum Idul Fitri tahun ini, terdapat 36 penerbangan tambahan. Penerbangan tambahan ini merupakan antisipasi adanya lonjakan penumpang untuk mudik tujuan Kota Surabaya maupun luar Kota Surabaya.

Dari 36 penerbangan tambahan tersebut, 26 di antaranya adalah milik maskapai Lion Air. Sedangkan untuk maskapai Citylink dan Sriwijaya Air masing-masing tiga penerbangan. Jumlah pesawat terbang yang beroperasi total sebanyak 462 unit, atau naik 4,76% dibanding tahun lalu.

Yuwono menyatakan, untuk memastikan keamanan penerbangan, pihaknya selama ini setiap pukul 23.00 WIB sampai dengan pukul 05.00 WIB, bandara ditutup untuk dilakukan perbaikan penguatan landasan. Namun selama Idul Fitri dihentikan sementara karena bandara dibuka selama 24 jam untuk melayani penumpang.

Saat ini Bandara Juanda yang awalnya diperuntukan untuk pesawat kecil sekarang sudah bisa menampung pesawat berbadan besar dengan jumlah penumpang sekali angkut yang mencapai lebih dari 400 orang. Biasanya untuk mengangkut jamaah haji dan umrah.

"Semua kesiapan akan terus dilakukan agar pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri, penumpang yang menggunakan jasa penerbangan di Bandara Internasional Juanda bisa berjalan dengan lancar dan aman," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5171 seconds (0.1#10.140)