Kunci Kestabilan Harga Bahan Pokok

Kamis, 06 Juli 2017 - 14:26 WIB
Kunci Kestabilan Harga Bahan Pokok
Kunci Kestabilan Harga Bahan Pokok
A A A
JAKARTA - Kestabilan harga kebutuhan pokok tahun ini menurut Pengamat Ekonomi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Hermanto Siregar dipengaruhi oleh lancarnya distribusi serta tidak ada penimbunan. Selain itu sinergi antara pemerintah dengan produsen dan eksportir juga memainkan peran penting.

"Tidak ada penimbunan sehingga tidak ada penahanan stok. Ini karena sudah ada ketentuan HET yang dikeluarkan oleh Menteri Perdagangan," kata Hermanto dalam keterangan resmi, Kamis (6/7/2017).

Dia menambahkan kehadiran Satgas Pangan juga berkontribusi menjaga stabilitas harga selama Ramadan hingga Lebaran tahun. Terang dia Satgas inilah yang berperan memastikan para pedagang patuh terhadap aturan yang dibuat menteri.

"Karena kalau hanya aturan tanpa ada satgas bisa saja mereka (pedagang) melanggar. Jadi memang ada sinergitas yang baik antara kebijakan harga eceran tertinggi (HET) dengan Satgas Pangan," tukasnya.

Menurutnya Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sangat rajin dalam melakukan sidak yang bertujuan menstabilkan harga. Komunikasi yang dijalin menteri dengan pedagang juga menjadi kunci stabilitas harga selama ini.

"Pak menteri yang sekarang lebih rajin. Dia sering sidak dan menjalin komunikasi dengan pedagang sehingga mereka mau ikut aturan. Karena bisa saja kan dikeluarkan HET tapi seolah dipatuhi pedagang. Dengan sidak maka menteri bisa lihat sendiri bahwa benar pedagang mengikuti aturan yang ada. Dampaknya saat ini inflasi jauh lebih baik dibanding sebelumnya," pungkasnya.

Seperti diketahui, inflasi pada Juni mencapai 0,69% dan Mei 0,39% atau mencapai 1,08%. Adapun, jika dibandingkan dengan momen Ramadan dan Lebaran pada 2014-2016, besaran inflasi mencapai 1,36% pada 2014, 1,47% pada 2015 dan 1,35% pada 2016.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5224 seconds (0.1#10.140)