Banyak Pilihan Exit Tol, Mudik Idul Fitri Tahun Ini Lebih Lancar

Kamis, 06 Juli 2017 - 22:37 WIB
Banyak Pilihan Exit Tol, Mudik Idul Fitri Tahun Ini Lebih Lancar
Banyak Pilihan Exit Tol, Mudik Idul Fitri Tahun Ini Lebih Lancar
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengemukakan bahwa arus mudik Idul Fitri tahun ini jauh lebih lancar dibanding tahun kemarin. Salah satunya karena pemudik memiliki pilihan lebih banyak untuk keluar tol (exit tol).

Dia mengungkapkan, skema jalur mudik tahun ini dipersiapkan sangat matang. Bahkan, persiapannya telah dilakukan sejak musim mudik 2016 baru saja berakhir.

"Kami melakukan perencanaan jalur mudik lebih matang. Begitu selesai mudik 2016, kami sudah mulai merencanakan bagaimana mudik 2017. Begitu juga tahun ini, mulai minggu depan kami sudah mulai merencanakan agar mudik 2018 bisa lancar," katanya di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Berkaca pada pengalaman mudik di 2016, kata Basuki, pemerintah berpikir bahwa pemudik harus diberikan alternatif exit tol lebih banyak dibanding tahun-tahun berikutnya. Sebab pada musim mudik 2016, exit tol terfokus di Brebes Exit (Brexit) sehingga antrian pun mengular.

"Saya harus bisa memberikan pilihan jalur mudik lebih banyak dari tahun 2016. Brexit terjadi karena itu satu-satunya pilihan jalan tol. Saya punya rencana memperbanyak alternatif exit tersebut. Harus ada jalan Pantura, Pansela, jalan tol fungsional. Ini bukan hanya di Jawa, juga di Sumatra dan Sulawesi," imbuh dia.

Tak hanya itu, lanjutnya, jumlah rest area pun diperbanyak guna mengantisipasi kemacetan di jalan tol. Rest area disiapkan di setiap 10 kilometer (km) jalan tol, dan kantong parkir yang bisa menampung 100 kendaraan setiap harinya.

"Kami kasih kantong parkir dengan kapasitas 100 kendaraan tapi ada musala, air, BBM, kesehatan dan pos polisi," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3045 seconds (0.1#10.140)