Sejarah dan Asal-usul Suku Banjar, Lengkap dengan Kebudayaan Khasnya

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 12:30 WIB
loading...
Sejarah dan Asal-usul Suku Banjar, Lengkap dengan Kebudayaan Khasnya
Suku Banjar adalah salah satu suku di Indonesia yang mendiami wilayah Kalimantan Selatan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Suku Banjar adalah salah satu suku di Indonesia yang mendiami wilayah Kalimantan Selatan . Mereka memiliki sejarah dan budaya yang dalam dan unik.

Suku Banjar memiliki latar belakang keturunan yang bervariasi dari perpaduan suku-suku Bukit, Maanyan, Lawangan, dan Ngaju. Suku ini juga memperoleh pengaruh yang signifikan dari budaya Melayu dan Jawa.

Sejarah asal-usul suku Banjar dapat ditelusuri dari campuran etnis beberapa suku, dengan dominasi dari suku Dayak.

Sejarah dan Asal-usul Suku Banjar


Kata "banjar" dalam bahasa Jawa adalah singkatan dari kerja kata "mbanjarke," yang memiliki arti "memisahkan dan mengatur ulang”. Dalam artian harfiah, istilah tersebut kemudian diambil sebagai etnonim karena telah menjadi pengetahuan umum di masyarakat Kalimantan.



Suku Banjar adalah bagian dari kelompok masyarakat Dayak yang lebih besar. Suku ini telah mengalami asimilasi terutama dalam hal agama, budaya, dan aspek lainnya dengan pengaruh dari luar.

Dalam sejarahnya, suku Kedayan dan Dayak Kendayan memiliki ikatan kekerabatan dengan Suku Banjar.

Menurut mitologi suku Dayak Meratus (atau Dayak Bukit), Suku Banjar, terutama Banjar Pahuluan, dan Suku Bukit berasal dari dua saudara, yaitu Si Ayuh (Sandayuhan) yang menjadi leluhur suku Bukit, dan Bambang Basiwara yang menjadi leluhur suku Banjar.

Dalam cerita rakyat berbahasa Dayak Meratus, terungkap bahwa nenek moyang orang Banjar yang bernama Bambang Basiwara, adalah adinda dari nenek moyang orang Dayak Meratus yang bernama Sandayuhan.

Bambang Basiwara digambarkan sebagai adinda yang lemah secara fisik namun cerdas secara intelektual. Sementara Sandayuhan digambarkan sebagai kakak yang kuat secara fisik dan ahli dalam pertempuran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3652 seconds (0.1#10.140)