KPK Cegah Syahrul Yasin Limpo dan Keluarga Pergi ke Luar Negeri

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 17:51 WIB
loading...
KPK Cegah Syahrul Yasin Limpo dan Keluarga Pergi ke Luar Negeri
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan salam ke jajaran pengurus partai saat memberikan keterangan pers di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Kamis (5/10/2023). FOTO/MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) mencegah Menteri Pertanian ( Mentan) Syahrul Yasin Limpo untuk bepergian ke luar negeri. Tak sendiri, Syahrul Yasin Limpo dicegah bersama delapan orang lain terkait dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri menyatakan, sembilan orang tersebut terdiri dari para tersangka dan sejumlah pihak terkait penyidikan kasus tersebut.

"Dengan telah bergulirnya penyidikan perkara dugaan korupsi di Kementan, maka sebagai bentuk back up dan support dalam memperlancar proses penyidikan tersebut, saat ini KPK telah ajukan sembilan orang untuk dicegah melakukan perjalanan ke luar negeri. Mereka adalah para tersangka dan pihak-pihak terkait lainnya dalam perkara tersebut," katanya, Jumat (6/10/2023).



Sembilan orang itu dicegah bepergian ke luar negeri untuk enam bulan ke depan atau hingga April 2024. Ali tidak menutup kemungkinan untuk melakukan perpanjangan pencegahan para pihak terkait keluar dari Indonesia.

"Mereka yang dicegah agar tetap berada di dalam negeri sehingga KPK ingatkan untuk para pihak tersebut, kooperatif mengikuti proses hukum ini diantaranya dengan hadir memenuhi agenda pemanggilan dari Tim Penyidik," ucap Ali.

Berdasarkan informasi yang diterima MNC Portal Indonesia, mereka yang dicegah adalah:

1. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL)
2. Sekjen Kementan RI, Kasdi Subagyono
3. Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta
4. Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementan Zulkifli
5. Direktur Pupuk dan Pestisida Kementan Tommy Nugraha
6. Kepala Biro Umum dan Pengadaan Kesekjenan Kementan Ayun Sri Harahap.
7. Dokter Ayun Sri Harahap
8. Anggota DPR Indira Chunda Thita
9. Pelajar/mahasiswa A Tenri Bilang Radisyah Melati.

Tiga orang terakhir yang disebut merupakan istri dan anak Syahrul Yasin Limpo.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)