5 Ikan Paling Sehat untuk Dikonsumsi Sehari-hari, Kaya Nutrisi

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 04:04 WIB
loading...
5 Ikan Paling Sehat untuk Dikonsumsi Sehari-hari, Kaya Nutrisi
Ikan adalah sumber protein yang sangat baik. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Ikan adalah sumber protein yang sangat baik. Selain itu, ikan juga mengandung asam lemak esensial tak jenuh, kalsium, zat besi, selenium, seng, mineral, asam amino, dan berbagai vitamin.

Berbagai kandungan nutrisi di dalam ikan dipercaya efektif dalam mengurangi perkembangan unsur kronis yang menyebabkan kanker, diabetes tipe-2, dan masalah kardiovaskular. Konsumsi ikan juga terbukti mengurangi risiko depresi, stroke, serta penurunan kesehatan mental.

Dengan segudang manfaat di dalam kandungan ikan, tentu akan sangat disayangkan jika kita menyia-nyiakan hewan air tersebut sebagai hidangan sehari-hari. Mengutip laman Pinkvilla, Sabtu (7/10/2023), berikut beberapa jenis ikan tersehat untuk dikonsumsi sehari-hari.


1. Salmon

Salmon kaya akan asam lemak tak jenuh omega yang terbukti menyehatkan tubuh. Selain itu, ikan ini juga telah terbukti bisa mengurangi tekanan darah, aritmia jantung, agregasi trombosit, respon inflamasi, dan pertumbuhan plak aterosklerotik.

Di samping itu, salmon juga terbukti meningkatkan kesehatan otak, jantung, kesehatan tulang, gangguan mood, dan penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

2. Sarden

Sarden terbukti dapat membantu menyehatkan tubuh. Di dalam ikan sarden terkandung kalsium, potasium, magnesium, seng, zat besi, dan nutrisi lain yang memodulasi peradangan ringan.

Sarden juga termasuk golongan ikan tersehat dan paling aman untuk dikonsumsi sehari-hari karena tidak mengandung merkuri yang tinggi seperti beberapa ikan lain.

Tidak salah untuk mengatakan bahwa sarden mungkin termasuk ikan yang paling aman untuk dimakan mengingat hewan air tersebut bukan ikan yang mengandung merkuri tinggi.


3. Makarel

Makarel mengandung 42,7% protein, 45,2% lipid, dan 5,6% mineral. Selain itu, ikan ini juga dianggap sebagai ikan yang sehat karena mengandung asam lemak omega-3, serta vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin E dan vitamin D.

4. Tuna

Tuna segar maupun tuna dalam kemasan kaleng, keduanya sangat menyehatkan untuk tubuh karena termasuk ikan yang tinggi protein. Di samping itu, tuna juga mengandung omega-3, omega-6, folat, zat besi, dan vitamin B12.

Kandungan yang ada di dalam ikan tuna mampu menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan tulang, hingga mencegah anemia.

5. Nila

Nila adalah ikan yang paling banyak dibudidayakan kedua di dunia. Ikan ini pun banyak dipasarkan di Indonesia. Salah satu alasannya yakni karena ikan nila adalah sumber penting protein dan asam lemak omega. Kedua kandungan tersebut mencegah penyakit jantung, ketidakteraturan detak jantung, dan gangguan kesehatan lain.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)