Lagi, Sistem Rudal Rusia Diduga Tembak Jatuh Jet Tempur Su-35 Mereka Sendiri

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 00:01 WIB
loading...
Lagi, Sistem Rudal Rusia Diduga Tembak Jatuh Jet Tempur Su-35 Mereka Sendiri
Untuk kedua kalinya dalam seminggu, jet tempur Su-35 Rusia diduga ditembak jatuh sistem pertahanan rudal mereka sendiri di atas Donetsk. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Pasukan operator sistem pertahanan rudal Rusia diduga telah menembak jatuh jet tempur Su-35 militer mereka sendiri di atas Donetsk dalam insiden friendly-fire pada Jumat (6/10/2023). Jika terkonfirmasi, maka itu menjadi Su-35 kedua Moskow dalam seminggu dalam insiden semacam itu.

Sebuah video yang beredar di Telegram menunjukkan apa yang diduga sebagai puing-puing pesawat yang terbakar di sebuah lapangan dekat Mariupol, dengan jejak asap hitam tebal membubung dari lokasi dugaan jatuhnya pesawat.

Menurut laporan yang belum dikonfirmasi, pilot berhasil keluar dari pesawat dan berhasil melakukan kontak dengan atasannya.



Saluran Telegram Military Informant mengatakan: "Pesawat lain hilang akibat friendly-fire pertahanan udara."

"Terima kasih Tuhan, kali ini pilotnya selamat," lanjut saluran tersebut, seperti dikutip Mail Online.

Menurut saluran tersebut, tingkat komunikasi antara kru pesawat dan kru pertahanan udara Rusia berada di titik terendah.

Saluran Telegram lain; Flightbomber, mengatakan: "Dengan tingkat pertahanan udara kita yang gagah berani, kita segera kehilangan pesawat."

Jika kejadian ini terkonfirmasi, diyakini merupakan kelima kalinya pesawat militer Rusia ditembak jatuh dalam insiden friendly-fire selama perang Moskow-Kyiv.

Pada 29 September, sebuah jet tempur Su-35 senilai ÂŁ82 juta ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara S-300 Rusia di atas Tokmak, wilayah Zaporizhzhia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)