5 Mata Uang Paling Banyak Digunakan di Dunia, Nomor 1 Transaksi Hariannya Tembus Rp43.500 Triliun

Minggu, 08 Oktober 2023 - 10:05 WIB
loading...
5 Mata Uang Paling Banyak Digunakan di Dunia, Nomor 1 Transaksi Hariannya Tembus Rp43.500 Triliun
Dolar AS masih menjadi mata uang yang paling banyak digunakan di dunia. Foto/WSJ
A A A
JAKARTA - Mata uang yang paling banyak digunakan di dunia masih dolar Amerika Serikat , di tengah gerakan dedolarisasi yang digaungkan BRICS. Berdasarkan data IMF, pada kuratal I-2023 sejumlah bank sentral di dunia menyimpan sekitar 59% cadangan mereka dalam dolar AS, baik berbentuk tunai maupun obligasi atau treasury AS.



Dolar AS juga menjadi mata uang yang paling banyak diperdagangkan di pasar keuangan global. IG International--penyedia perdagangan online terkemuka di dunia yang merupakan bagian dari IG Group--mengungkap rata-rata harian perdagangan dolar AS global mencapai USD2,9 triliun.

Besarnya nilai perdagangan dolar AS itu menandakan bahwa mata uang ini sangat dibutuhkan untuk berbagai kepentingan banyak negara. Mulai dari sebagai alat pembayaran untuk perdagangan internasional hingga menjaga kurs mata uang mereka.

Ada banyak faktor yang membuat greenback menjadi mata uang yang paling banyak digunakan di dunia. Pertama, AS merupakan negara terbesar dan terkuat di dunia dalam bidang ekonomi, teknologi, dan militer.

PDB Amerika mencapai USD25,46 triliun. Angka itu setara 25,31% dari total PDB dunia yang sebesar USD100,56 triliun. Fakta tersebut, membuat banyak negara memercayai stabilitas dan kekuatan ekonomi Negeri Paman Sam, serta menggunakan dolar sebagai patokan nilai tukar.

Selain dolar AS, masih ada beberapa mata uang yang juga banyak digunakan di dunia. Berdasarkan data IMF dan juga rekaman perdagangan IG Internasional, berikut adalah urutan mata uang yang paling banyak digunakan di dunia:

1. Dolar AS
Seperti yang sudah disebutkan di atas, greenback adalah mata uang yang paling banyak disimpan sejumlah bank sentral di dunia. Angkanya mencapai 59%. Setiap hari, nilai perdagangan dolar AS mencapai USD2,9 triliun. Jika dirupiahkan menembus Rp43.500 triliun (kurs Rp15.000).

Meski dolar AS masih merajai penggunaan mata uang di dunia, pelan tapi pasti nilainya terus menyusut. Di tahun 1999 cadangan dolar bank sentral di seluruh dunia di atas 70%, kini mengempis menjadi 59%.

2. Euro
Mata uang Benua Biru menduduki posisi nomor dua. Berdasarkan data IMF, euro menjadi cadangan mata uang bank sentral di dunia sebesar 19,8%. Nilai perdagangan euro per hari rata-rata sebesar USD1,1 triliun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2116 seconds (0.1#10.140)