Dianggap Merusak Moral, Internet di Daerah Suku Baduy Resmi Diputus

Minggu, 08 Oktober 2023 - 13:17 WIB
loading...
Dianggap Merusak Moral, Internet di Daerah Suku Baduy Resmi Diputus
Internet di Daerah Suku Baduy Resmi Diputus. FOTO/ AFP
A A A
BANTEN - Suku Baduy meminta pemerintah untuk memutus koneksi internet di wilayah mereka untuk meminimalkan "dampak negatif" dari dunia maya. Menanggapi hal tersebut Pemerintah resmi memutus sambungan internet.



Komunitas Suku Baduy dengan populasi 26.000 jiwa di Banten terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah Baduy Luar, yaitu komunitas Baduy yang sudah mengenal peradaban modern, termasuk urusan mengadopsi teknologi.

Kelompok kedua, yaitu Baduy Dalam, adalah kelompok yang harus melindungi diri dari jebakan kehidupan kontemporer.

Mereka masih menjunjung tinggi norma-norma yang diajarkan para leluhur. Mereka tetap memilih tinggal di hutan, menolak teknologi, uang, dan sekolah tradisional.

Kelompok Baduy Dalam meminta pihak berwenang untuk menutup akses internet atau mengalihkan menara telekomunikasi terdekat sehingga sinyal tidak sampai ke mereka, menurut surat yang dilihat oleh AFP

“Permintaan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk meminimalisasi dampak negatif telepon pintar terhadap masyarakat kami,” tulis perwakilan Baduy.

Mereka berpendapat menara telekomunikasi yang dibangun di dekat wilayah mereka dapat mengancam kehidupan mereka dan moral anak muda yang mungkin tergoda untuk menggunakan internet.

Pejabat di Kabupaten Lebak mengatakan kepada AFP bahwa mereka menerima surat itu pada Senin (5/6), dan sepakat untuk membicarakannya dengan dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk mencoba memenuhi permintaan tersebut.

“Intinya kami ingin selalu mengakomodasi apa yang diinginkan masyarakat Baduy, dan perlu menjaga tradisi dan kearifan lokal mereka,” kata Budi Santoso, Sekretaris Daerah Kabupaten Lebak kepada AFP.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2230 seconds (0.1#10.140)