Kericuhan Pilkades Klitih Demak, Dua Kubu Pendukung Cakades Terlibat Perkelahian

Minggu, 08 Oktober 2023 - 17:55 WIB
loading...
Kericuhan Pilkades Klitih Demak, Dua Kubu Pendukung Cakades Terlibat Perkelahian
Kericuhan mewarnai pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Klitih, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Minggu (8/10/2023). Foto/iNews TV/Sukmawijaya
A A A
DEMAK - Kericuhan mewarnai pelaksanaan pencoblosan dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Klitih, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Dua kubu pendukung calon kepala desa (Cakades), terlibat perkelahian di tempat pemungutan suata (TPS), Minggu (8/10/2023).



Perkelahian dua kubu pendukung cakades tersebut, dipicu oleh keinginan sejumlah pemilih untuk melaksanakan pencoblosan terlebih dahulu. Perkelahian tersebut, sempat membuat proses pencoblosan dihentikan sementara menunggu situasi mereda.



Suasana di lokasi pencoblosan Pilkades Klitih tersebut, sempat mencekam karena terjadi perkelahian massal. Teriakan histeris terdengar dari warga yang ketakutan, saat menyaksikan banyak massa pendukung cakades terlibat perkelahian brutal.



Kapolres Demakn, AKBP M. Purbaya mengtakan, dari hasil penyelidikan di lapangan, perkelahian saat pelaksanaan pencoblosan Pilkades Klitih tersebut, dipicu oleh aksi saling serobor antrean untuk mencoblos di TPS.

Massa pendukung salah satu cakades, menyerobot antrean saat hendak masuk ke TPS. Melihat hal tersebut, ada warga yang mencoba menegurnya. Namun, teguran itu memicu percekcokan dan berujung perkelahian massal.



"Petugas gabungan TNI dan Polri yang ada di lokasi, dengan sigap melerai massa yang terlibat perkelaihan. Setelah situasi mereda, akhirnya proses pencoblosan Pilkades Klitih dapat dilanjutkan. Warga diminta menggunakan hak pilihnya di lima TPS yang sudah disediakan panitia," tegas Purbaya.

Pilkades Klitih ini diikuti oleh dua cakades, yakni Firdaus, dan Ali Maksum. Mereka memperebutkan suara dari 2.600 warga yang memiliki hak suara dan telah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)