alexa snippet

Industri Meksiko Dukung Trump Revisi Perjanjian Dagang NAFTA

Industri Meksiko Dukung Trump Revisi Perjanjian Dagang NAFTA
Industri Meksiko siap merevisi aturan dalam perjanjian perdagangan bebas Amerika Utara atau yang dikenal dengan sebutan NAFTA. Foto/Ilustrasi
A+ A-
MEXICO CITY - Industri Meksiko siap merevisi aturan dalam perjanjian perdagangan bebas Amerika Utara atau yang dikenal dengan sebutan NAFTA (North American Free Trade Agreement), untuk memastikan pekerja Amerika Serikat (AS) mendapatkan manfaat dari NAFTA. Hal ini mendukung upaya Presiden AS Donald Trump sebelumnya yang berupaya melindungi pekerja Negeri Paman Sam -julukan AS-.

Sebelumnya Trump pernah menyebutkan bahwa kesepakatan dagang NAFTA merupakan perjanjian terburuk yang pernah ditandatangani oleh AS. Pihak Gedung Putih mengatakan bahwa jika Kanada dan Meksiko menolak menerima renegosiasi NAFTA dengan menyediakan "kesepakatan yang adil" bagi pekerja Amerika, maka kemudian AS siap bergerak menarik dirik dari perjanjian dagang NAFTA.

Namun seperti dilansir Reuters, Jumat (14/7/2017) ketiga negara telah sepakat untuk melakukan negosiasi ulang, dimana perundingan dijadwalkan mulai bulan depan antara Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada. Sementara pejabat Meksiko telah menekankan bahwa perlu ada kesepakatan baru yang akan memperkuat kawasan terhadap pesaing, khususnya di Asia.

Trump sendiri sempat mengancam hengkang dari NAFTA, apabila tidak ada kepentingan Amerika Serikat yang dikedepannkan. Bahkan ia mengklaim mengalami defisit perdagangan dengan Meksiko dan membuat ribuan pekerja AS rugi. Menanggapi hal itu pejabat perdagangan Meksiko terus membuka peluang revisi perjanjian datang dalam beberapa pekan mendatang.

Mereka menunjukkan sektor seperti Automotif, dimana AS berkontribusi 40% dari nilai produk yang diimpor Amerika Serikat dari Meksiko, sementara ekspor China hanya 4% berdasarkan pusat data penelitian otomotif.

"Jika kita mengintegrasikan lebih lanjut dan membuat Meksiko lebih kompetitif dibandingkan China. Bahkan jika ekspor kita naik, pekerjaan AS akan naik, karena ketika kami ekspor (untuk Amerika Serikat), mereka juga sedang mengekspor," kata Mantan Menteri Perdagangan Jaime Serra yang memimpin awal negosiasi NAFTA untuk Meksiko.



(akr)
loading gif
Top