Dorong Pengembangan UMKM, Mak Ganjar Latik Bikin Usaha Selendang Mayang

Minggu, 08 Oktober 2023 - 08:30 WIB
loading...
Dorong Pengembangan UMKM, Mak Ganjar Latik Bikin Usaha Selendang Mayang
Mak Ganjar menggelar pelatihan pembuatan es selendang mayang di Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramatjati, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta, Sabtu (7/10/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sukarelawan Mak Ganjar kembali hadir dalam programnya untuk menggelar kegiatan pemberdayaan kepada kalangan perempuan, khususnya ibu-ibu. Relawan pendukung Ganjar Pranowo ini menggelar pelatihan pembuatan es selendang mayang untuk ibu-ibu di Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramatjati, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta, Sabtu (7/10).

Koordinator Daerah Mak Ganjar Jakarta Timur, Ima menjelaskan bahwa pelatihan tersebut dilakukan guna mendorong ibu-ibu untuk bisa menjadikan es selendang mayang sebagai salah satu opsi usaha.

Dia melanjutkan, berjualan selendang mayang merupakan ide usaha kuliner yang bagus. Sebab, kuliner khas Betawi ini sudah mulai jarang ditemui penjualnya.

"Harapannya menambah keterampilan cara (membuat) es selendang mayang, melestarikan makanan khas betawi. Membangkitkan semangat ibu-ibu untuk berwirausa dengan berjualan es selendang mayang karena ini sudah mulai langka," jelas Ima dalam siaran pers.



Selain itu, Ima menyebut, wilayah Kramat Jati yang memiliki banyak pasar tradisional juga memudahkan para ibu-ibu untuk menjajakan dagangannya kelak.

Ima pun mengaku menikmati jalannya proses pelatihan. Selain ibu-ibu yang semangat untuk belajar, latihan juga berjalan interaktif karena para peserta diajak memasak bersama dengan bahan dan alat yang telah disediakan relawan.

Mak Ganjar Jabodetabek menggandeng pelaku usaha kuliner khas Betawi untuk mengajarkan praktik pembuatan selendang mayang ini kepada para peserta. Mulai dari pemaparan bahan-bahan, hingga cara pengolahan turut diajarkan dalam pelatihan ini.

"Tadi juga ada masak-masak bersama, kita mempraktikkan langsung membuat es selendang mayang. Es selendang mayang ini sudah mulai langka di pasaran. Jadi kita coba melestarikan kembali es selendang mayang itu makanan khas betawi," jelas Ima.

Relawan yang juga beranggotakan para emak-emak dari berbagai wilayah di Jabodetabek ini pun ingin kegiatan tersebut bisa mendukung pelestarian kuliner khas betawi yang kini mulai tergerus dengan jajanan modern.



Ima pun menyebut terselenggaranya kegiatan tersebut terinspirasi dari figur yang mereka kagumi, yakni Ganjar Pranowo. Ganjar dinilainya sebagai pemimpin yang sangat gemar memajukan sektor UMKM.

"Kegiatan kita selanjutnya akan terus mengadakan pelatihan-pelatihan yang bermanfaat untuk emak-emak di Jakarta," tuturnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1829 seconds (0.1#10.140)