Selain Curi Ikan, Kapal Eks Asing Juga Pakai Solar Subsidi

Sabtu, 15 Juli 2017 - 16:19 WIB
Selain Curi Ikan, Kapal Eks Asing Juga Pakai Solar Subsidi
Selain Curi Ikan, Kapal Eks Asing Juga Pakai Solar Subsidi
A A A
JAKARTA - Pelaku penangkapan ikan secara ilegal (illegal unreported unregulated/IUU fishing) tak hanya mencuri ikan di laut Indonesia. Mereka juga menggunakan solar bersubsidi yang seharusnya digunakan untuk masyarakat tidak mampu.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan hal tersebut diketahuinya dari mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said sebelum lengser. Sudirman menyampaikan bahwa aksi penenggelaman kapal pencuri ikan telah membuat PT Pertamina (Persero) surplus bahan bakar minyak (BBM) jenis solar sebesar 37%.

"Yang lebih menggembirakan lagi, Pak Sudirman Said cerita sama saya. Bu menteri, Pertamina surplus BBM 37% solar," ujarnya dalam acara Halal Bihalal Ikatan Alumni UI (Iluni) di Gedung Mina Bahari III KKP, Jakarta, Sabtu (15/7/2017).

Baca Juga: Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan, Susi Tak Mau Diintervensi Jokowi
Mantan Bos Susi Air ini mengungkapkan, kapal-kapal pencuri ikan ini tak pernah pulang ke negaranya untuk mengambil BBM. Mereka dengan bebasnya menggunakan solar bersubsidi dan masyarakat Indonesia pun dengan relanya memberikan BBM tersebut.

"Jadi yang curi ikan dikasih minyak. Mereka isinya di sini, orang Indonesia sangat baik. Sementara bangsa kita antre pakai botol aqua untuk dapat minyak tanah dan solar," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9476 seconds (0.1#10.140)