alexa snippet

Ekonomi China Kuartal II Tumbuh 6,9% Kalahkan Ekspektasi

Ekonomi China Kuartal II Tumbuh 6,9% Kalahkan Ekspektasi
Ekonomi China pada kuartal II tahun ini tumbuh 6,9% atau sedikit lebih tinggi dari perkiraan para ekonom. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
BEIJING - Ekonomi China pada kuartal II tahun ini tumbuh 6,9% atau sedikit lebih tinggi dari perkiraan para ekonom. China mencoba mengendalikan utang dan banyaknya perumahan dengan tindakan keras terhadap sektor properti dan pemberi pinjaman.

Seperti dikutip dari BBC, Senin (17/7/2017), banyak analis memperkirakan ekonomi China akan melambat seiring kebijakan tersebut. Namun, data terakhir berada di atas target pertumbuhan ekonomi 2017 sebesar 6,5%.

Meskipun ada upaya untuk memperlambat pasar perumahan, investasi properti tumbuh sebesar 8,5% di semester pertama, yang naik dari periode sama 2016. Beberapa analis memprediksi bahwa peraturan pinjaman yang lebih ketat mungkin tidak memiliki efek pendinginan yang diharapkan banyak orang.

"Harga properti akan berdampak pada babak kedua, tapi dampaknya mungkin tidak sebesar yang kita duga, hanya di kota-kota utama. Kota-kota lapis ketiga dan keempat mungkin mengejar sedikit dan akan mengimbangi beberapa penurunan di kota tingkat pertama," kata Iris Pang, Ekonom China Raya.

Perekonomian China tumbuh pada laju terlemahnya dalam 26 tahun pada 2016, namun data lain yang dirilis pada Senin menambah gambaran pertumbuhan ekonomi China yang meningkat.

Produksi industri untuk Juni tumbuh 7,6%, jauh di atas perkiraan 6,5%. Belanja ritel tumbuh 11% dibanding Juni 2016, dan pertumbuhan impor dan ekspor juga berada di atas ekspektasi.
(izz)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top