alexa snippet

Puncak Konsumsi BBM Periode Lebaran Paling Tinggi H-1

Puncak Konsumsi BBM Periode Lebaran Paling Tinggi H-1
BPH Migas menerangkan puncak konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) periode Lebaran lalu paling tinggi terjadi pada H-1. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - BPH Migas menerangkan puncak konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) periode Lebaran lalu paling tinggi terjadi pada H-1. Konsumsi tiga jenis BBM yakni premium, pertalite, dan pertamax tercatat naik.

"Sejak 1 Juni sampai 9 Juli puncak realisasi BBM jenis premium, pertalite dan pertamax. Ini terjadi H-1 dengan volume realisasi total premium 1,2 juta kilo liter (kl), pertalite 516.000 kl, dan pertamax 995.000 kl. Pertalite paling tinggi naik 22,6%, pertamax naik 20%," ujar Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa di Jakarta, Senin (17/7/2017).

Dia menambahkan, proses distribusi BBM dilakukan dengan beragam cara. Bisa dari kios pertamax hingga disuplai melalui kendaraan roda dua. "Pelayanan dilakukan Pertamina melalui kantor BBM, mobile unit, kios pertamax. Bahkan ada motor pertamax," paparnya.

Lebih lanjut terang dia ketika periode mudik Lebaran 2017 kemarin, popularitas BBM dengan Research Octane Number (RON) 90 yakni BBM jenis pertalite unggul dibandingkan premium. Di sisi lain, penyebaran distribusi BBM ketika arus mudik dan balik disebar di daerah macet serta tempat yang riskan terhadap bencana dan keamanan pasokan.

Tercatat pendistribusian BBM jelang dan pasca Lebaran terbilang lancar. Kendati demikian, terdapat beberapa persoalan distribusi di jalur Pantura. "Pantura karena ada kemacetan di H-5 dan H+6. Sehingga, penyaluran tidak optimal dan antrean panjang untuk beli premium," ujar Fanshurullah.
(akr)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top