alexa snippet

Pengelolaan Dana Desa Butuh Pelatihan

Pengelolaan Dana Desa Butuh Pelatihan
Latihan pengelolaan data desa diyakini sangat dibutuhkan oleh masyarakat desa, sehingga dapat tepat sasaran. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Latihan pengelolaan data desa diyakini sangat dibutuhkan oleh masyarakat desa, sehingga dapat tepat sasaran. Ketua Pengurus Yayasan Bina Swadaya Paulus Wuritomo menerangkan, hal tersebut agar dana desa yang dikuncurkan dapat memberi manfaat.

"Dana desa bagus, tapi tak ada tindak lanjutnya. Sebab mereka (desa) tidak bisa bikin koperasi, organisasi juga tidak bahkan bertani juga tidak karena tanah mereka banyak yang hilang," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Pihaknya akan membuat pelatihan online yang bisa menyentuh lebih banyak warga desa. Paulus mengatakan, 20 desa akan diangkat sebagai pilot project. Mana daerahnya akan tergantung dari kesediaan bupati yang mau menerima program ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pelatihan yang akan diberikan yaitu pengetahuan tentang pertanian dan perekonomian desa. Dia mengungkapkan, yang unik dari pelatihan ini, sekaligus juga ada pelatihan yang bisa menggerakkan kelompok-kelompok swadaya.

"Di samping kita ajari teknik bertani dan berdagang kita akan buat infrastruktur yang bisa menggerakkan masyarakat desa supaya mereka bisa berorganisasi, sehingga bisa membangun desa yang lebih baik," jelasnya.
(izz)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top