Meneladani Siti Sarah Istri Nabi Ibrahim : Wujud Kecantikan Dunia dan Akhirat

Selasa, 10 Oktober 2023 - 12:20 WIB
loading...
Meneladani Siti Sarah Istri Nabi Ibrahim : Wujud Kecantikan Dunia dan Akhirat
Dalam sebuah hadis diceritakan bahwa Siti Sarah adalah wanita tercantik di dunia dan wanita paling besar cemburunya kepada suaminya Nabi Ibrahim Alaihissalam. Foto ilustrasi/ist
A A A
Meneladani istri Nabi Ibrahim Alaihissalam , yakni Sarah atau Siti Sarah penting bagi kaum muslimah saat ini. Istri pertama Nabi Ibrahim ini, merupakan contoh seorang muslimah yang selamat dari godaan nafsu Firaun.

Sarah dikenal sebagai wanita terbaik pada zamannya. Selain cantik, ia juga cerdas dan memesona. Nabi Ibrahim Alaihissalam sangat mencintainya. Ia juga sangat mematuhi Sang Abul Anbiya.

Ibnu Asakir Rahimahullah meriwayatkan hadis dengan sanadnya dari Anas bin Malik Radhiyallahu'anhu yang berkata bahwa Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda : "Nabi Yusuf dan Siti Sarah diberi separo keindahan (Ketampanan dan kecantikan".

Menurut para ahli tafsir, ketampanan Nabi Yusuf alaihisallam adalah berasal dari nasabnya Siti Sarah, istri Nabi Ibrahim alaihissalam ini.

Ibnu Asakir juga meriwayatkan hadis dengan sanadnya dari Rabi'ah Al-Jurasyi yang berkata,"

"Keindahan (Ketampanan dan kecantikan) dibagi menjadi dua, satu bagian untuk Siti Sarah dan Nabi Yusuf, satu bagian lagi untuk seluruh manusia".

Riwayat lain diceritakan Ibnu Abbas Radhiyallahu'anhu yang berkata:

"Allah Azza wa Jalla membagi keindahan (Ketampanan dan kecantikan) ke dalam sepuluh bagian, tiga bagian untuk Hawwa, tiga bagian untuk Sarah, tuga bagian untuk Yusuf dan satu bagian untuk seluruh manusia".

Dari hadis tersebut tergambarkan bahwa Siti Sarah adalah wanita tercantik di dunia dan wanita paling besar cemburunya kepada suaminya Nabi Ibrahim Alaihissalam.

Cobaan terbesar yang menimpa Sarah, taktala harus ikut dengan Nabi Ibrahim menjalankan dakwahnya. Suatu ketika, karena dakwahnya tak diterima di negeri Babilonia, Nabi Ibrahim Alaihissalam dan Sarah pindah menuju Syam. Saat itu Syam dilanda paceklik. Mereka pindah lagi menuju Mesir. Di tempat ini, kesetiaan Sarah diuji.

Pada suatu hari, seorang pejabat istana mendatangi Ibrahim dan Sarah. Melihat kecantikan parasnya, sang pejabat menyukainya. Ia segera menuju istana dan mengabarkannya pada Raja yang berkuasa saat itu . "Telah datang di negeri baginda seorang pria asing. Ia datang bersama wanita yang sangat menarik. Kecantikannya tak ada yang menandingi. Wanita seperti itu layak menjadi pendamping baginda," ujar dia.

Mendengar kabar tersebut, sang Raja itu mengutus seseorang untuk mengundang Nabi Ibrahim Alaihissalam ke istananya. Fir'aun terkenal seagai raja yang sangat zalim. Ia sangat menginginkan Sarah dan rela melakukan apa pun untuk mendapatkannya. Jika mendapati perempuan itu telah bersuami, ia tak akan segan membunuh Ibrahim Alaihissalam untuk merebut Sarah.

Dalam pertemuan itu, Raja Mesir ini bertanya pada Ibrahim. "Siapa wanita itu? Ibrahim pun menjawab, "Ia adalah saudariku."

Mendengar jawaban tersebut, si Raja melepaskan Nabi Ibrahim dan meminta agar Sarah dibawa ke istana. "Dandanilah dia, kemudian kirim dia padaku agar aku dapat melihatnya," perintah dia.

Ibrahim Alaihissalam pun pulang menemui istrinya. Ia berkata, "Sesungguhnya penguasa zalim, Fir'aun , telah bertanya kepadaku tentang dirimu. Lalu aku memberi tahu kepadanya bahwa kamu adalah saudara perempuanku."

"Jangan memberi tahu kebohonganku kepadanya karena sesungguhnya di dalam kitab Allah, kamu adalah saudara perempuanku (dalam Islam)," kata Ibrahim.

Sarah datang ke istana. Hatinya berkecamuk. Pelayan istana telah menyiapkan semua kebutuhannya sehingga pakaiannya begitu indah. Perasaan Sarah sangat sedih. Ia enggan berpisah dengan suaminya dan takut tersentuh oleh Raja Mesir yang jahat.

Sarah kemudian mengadu kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Ia beribadah dan bersujud, kemudian mengadukan kesedihannya. Ia memohon perlindungan kepada Allah "Ya Allah, jikalah Engkau mengetahui bahwa aku beriman kepada-Mu dan Rasul-Mu, mengetahui bahwa aku menjaga kehormatanku untuk suamiku, maka janganlah kau jadikan raja kafir itu berkuasa atasku," kata Sarah sembari menangis.

Sarah kemudian bertemu dengan Fir'aun . Melihat kecantikannya, timbul nafsu dalam diri Fir'aun . Berkali-kali sang raja ingin menyentuh Sarah, namun tangannya terasa lumpuh. Fir'aun tak mampu bergerak. Tangannya terpaku di dada.

Fir'aun kemudian berkata pada Sarah, "Aku berjanji tak akan mengganggumu. Mohonlah kepada Tuhanmu agar melepaskan tanganku. Sungguh, aku tidak akan menyakitimu." Sarah kembali berdoa, "Ya Allah, jika benar yang ia katakan, lepaskanlah tangannya."
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)