Bukti Nyata, Ganjar Pranowo Bawa UMKM Tembus Pasar Global

Selasa, 10 Oktober 2023 - 19:24 WIB
loading...
Bukti Nyata, Ganjar Pranowo Bawa UMKM Tembus Pasar Global
Bacapres Ganjar Pranowo menghadiri pameran Inacraft di JCC, Jakarta, Sabtu (7/10/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini Calon Presiden Ganjar Pranowo mengungkapkan keinginannya untuk mendorong UMKM bisa tumbuh dan naik kelas agar mampu bersaing di tingkat global. Hal itu diungkap calon presiden yang diusung oleh Partai Perindo tersebut dalam keterangannya ketika mengunjungi pameran hasil kerajinan tangan Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft) di JCC Senayan, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

Ganjar Pranowo menuturkan bahwa dirinya kagum dengan produk-produk UMKM yang dirinya temui di Inacraft. Menurutnya para pelaku UMKM di Indonesia sangatlah kreatif dan inovatif. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai desain dan bentuk terbaru dari kerajinan tangan yang ada dalam acara tersebut.

“Dari waktu ke waktu selalu saja memunculkan sesuatu yang menakjubkan. Desain yang baru, kemudian bentuk-bentuk baru. Artinya inovasi seperti yang di belakang ini. Ini lukisan dari kain-kain lama yang kemudian ditempelkan ulang dan kemudian terjadi sebuah gambar yang menakjubkan,” tutur Ganjar Pranowo pada Sabtu, (07/10/2023) di Inacraft.



Setelahnya mantan orang nomor 1 di Jateng itu, mengatakan bahwa inovasi para UMKM menjadi inspirasinya untuk mendorong UMKM agar dapat tumbuh dan naik kelas. Selain itu, Ganjar Pranowo membagikan pengalamannya mengunjungi Inacraft ketika dia masih menjadi anggota DPR RI.

“Oh ternyata kayak lukisan tapi bentuk rambut. Ini contoh-contoh betapa produk-produk UMKM kita itu memang keren bener. Ini yang menginspirasi saya untuk mendorong UMKM bisa tumbuh, bisa naik kelas,” kata Ganjar Pranowo.

Ganjar mengaku bahwa dirinya selalu mengunjungi pameran kerajinan tangan tersebut sejak 1999 sehingga menjadikannya salah satu pengunjung setia. Ia biasanya mengunjungi Inacraft dan berkeliling sendirian atau bersama sang istri, Siti Atiqoh Supriyanti.

“Jadi dulu waktu saya masih kerja di Jakarta, di DPR selalu nonton sendirian, sama istri berdua kadang-kadang, ya. Kita muter-muter. Itu bisa sehari penuh,” ucapnya.

Menurut Calon Presiden Ganjar Pranowo, pameran Inacraft merupakan salah 1 acara yang bagus untuk melihat berbagai produk UMKM dan hasil karya yang telah dikurasi dengan baik. Dia menyebut bahwa produk yang dipamerkan pada tahun 2023 semakin bagus dalam hal kualitas dan harganya bersaing, dengan rentang harga mulai dari yang mahal hingga terjangkau.

“Makanya saya seneng banget melihat berbagai UMKM dan karya semua tampil di sini keliatan betul bahwa mereka rata-rata seperti semua sudah dikurasi,” lanjut calon orang nomor 1 di Indonesia itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0906 seconds (0.1#10.140)