Seberapa Besarkah Kekuatan Tentara Israel?

Rabu, 11 Oktober 2023 - 04:10 WIB
loading...
Seberapa Besarkah Kekuatan Tentara Israel?
Tentara Israel salah satu pasukan paling kuat di dunia, tetapi tak mampu menghadapi pejuang Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Militer Israel mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah memanggil 300.000 tentara cadangan dalam beberapa hari untuk membantunya mengatasi Hamas. Itu dikarenakan Israel tak mampu menghadapi serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap negara tersebut pada tanggal 7 Oktober.

Perlu diketahui bahwa di Israel, informasi terkait pertahanan tidak dipublikasikan secara resmi, sehingga data relevan apa pun hanya dapat diperoleh melalui sumber asing atau peneliti Israel.

Berikut adalah 6 fakta tentang kekuatan tentara Israel.

1.Tak Boleh Kalah dalam Perang

Seberapa Besarkah Kekuatan Tentara Israel?

Foto/Reuters

Melansir Sputnik, tentara Israel, yang lebih dikenal sebagai Pasukan Pertahanan Israel (IDF), dibentuk pada tanggal 31 Mei 1948, hanya dua minggu setelah deklarasi kemerdekaan negara tersebut.

Elemen utama dari doktrin panduan IDF adalah asumsi bahwa Israel tidak boleh kalah dalam satu perang pun. Tujuan tersebut diperkirakan dapat dicapai hanya melalui strategi pertahanan yang memerlukan mobilisasi kekuatan besar secara cepat untuk mengatasi musuh.


2. Struktur IDF

Seberapa Besarkah Kekuatan Tentara Israel?

Foto/Reuters

IDF terdiri dari tiga cabang layanan: Angkatan Darat Israel, Angkatan Udara Israel, dan Angkatan Laut Israel.

IDF dipimpin oleh Kepala Staf Umum (saat ini menjabat dalam kapasitas ini adalah Herzi Halevi), yang berada di bawah Menteri Pertahanan Israel (saat ini Yoav Gallant).

Para panglima angkatan darat dan udara, serta angkatan laut, melapor kepada kepala staf, begitu pula para komandan regional dan kepala berbagai direktorat pertahanan, termasuk Korps Intelijen.

3. Memiliki 176.500 Tentara Aktif

Seberapa Besarkah Kekuatan Tentara Israel?

Foto/Reuters

Jumlah total pasukan IDF kira-kira berjumlah 176.500 tentara aktif, menurut sumber terbuka.

Angkatan Darat Israel, yang meliputi korps infanteri, lapis baja dan artileri, berjumlah sekitar 126.000 personel aktif dan sekitar 400.000 personel cadangan. Mayor Jenderal Yoel Strick saat ini memimpin angkatan darat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0943 seconds (0.1#10.140)