Tingkat Kepercayaan Rakyat Tinggi, Jokowi Sebut Bekerja Lebih Mudah

Senin, 24 Juli 2017 - 12:14 WIB
Tingkat Kepercayaan Rakyat Tinggi, Jokowi Sebut Bekerja Lebih Mudah
Tingkat Kepercayaan Rakyat Tinggi, Jokowi Sebut Bekerja Lebih Mudah
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) nampak senang dengan hasil survei Gallup World Poll yang menempatkan Indonesia di posisi pertama sebagai negara yang pemerintahannya dipercaya oleh rakyat. Menurutnya, pekerjaan akan menjadi lebih mudah jika pemerintahnya dipercaya oleh rakyat.

Dia pun memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh kementerian dan lembaga (K/L) terkait hasil survei tersebut. Menurutnya, survei Gallup memiliki kredibilitas yang tinggi mengingat ini adalah lembaga survei kelas internasional.

"Negara kita Indonesia pada peringkat pertama sebagai negara yang pemerintahnya dipercaya oleh masyarakat. Ini hal yang sangat penting, sangat mendasar sekali dalam kita bekerja. Kalau dipercaya oleh rakyat itu bekerja akan lebih mudah," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/7/2017).

Menurutnya, peluang dan momentum ini harus dimanfaatkan sebesar-besarnya dalam memutuskan hal-hal yang sulit. Sebab, jika telah memperoleh kepercayaan dari masyarakat maka segala sesuatunya akan menjadi lebih mudah. "Kalau sudah dipercaya yang sulit menjadi lebih mudah. Tahapan-tahapan komunikasi kepada msyarakat harus terus dilakukan," imbuh dia.

Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dipengaruhi beberapa faktor di antaranya, masyarakat menganggap pemerintah dapat diandalkan, cepat, tanggap, adil serta mampu melindungi masyarakat dari risiko sekaligus memberikan pelayanan publik secara efektif.

Hasilnya, 80% responden menyatakan, pemerintah memenuhi hal itu seluruhnya. Angka 80% ini meningkat 28% dibandingkan angka tingkat kepercayaan 10 tahun lalu, yakni 2007 yang hanya mencapai 52%.

Angka tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah itu cukup tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara maju yang tergabung dalam Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), seperti Amerika Serikat (30%), Inggris (31%), Jerman (55%), dan Perancis (28%).

Tidak hanya negara yang tergabung dalam OECD, negara yang tak tergabung di dalamnya juga masih di bawah Indonesia, yakni India (73%), Brazil (26%), dan Afrika Selatan (48%).

Berdasarkan hasil survei OECD tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap pemerintahannya berada di posisi tertinggi. Untuk itu, pemerintah mengajak semua pihak bersikap optimistis membawa bangsa ini lebih baik.

Seperti diketahui, pada pertengahan 2017, sebuah prestasi dan penilaian membanggakan diraih Pemerintahan Republik Indonesia. Berdasarkan data OECD dalam publikasinya Government at a Glance 2017, pada 13 Juli 2017, Indonesia menduduki peringkat pertama untuk Trust and Confidence in National Government.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2455 seconds (0.1#10.140)